Rupiah Pagi Ini Dibuka Melemah ke Rp 14.009 Per Dollar AS

Kompas.com - 08/11/2019, 10:08 WIB
Thinkstockphotos.com/ThamKC

JAKARTA, KOMPAS.com - Rupiah pagi ini dibuka melemah pada awal pembukaan pasar spot Jumat (8/11/2019).

Dari data Bloomberg, rupiah pagi ini dibuka Rp 14.009 per dollar AS melemah 0,14 persen atau 20 poin dibanding penutupan sore kemarin Rp 13.995 per dollar AS.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede memproyeksikan pergerakan rupiah cenderung terdorong sentimen global. Ia mengatakan sepanjang hari ini pergerakan mata uang Asia akan menguat setelah nilai mata uang dollar AS terkoreksi di penutupan spot mata uang global.

"Penurunan atau koreksi nilai mata uang AS, mendorong mata uang rupiah mendapat sentimen positif," kata Josua kepada Kompas.com, Jumat (8/11/2019).

Josua juga menyebutkan bahwa sentimen global akan terus mendorong penguatan beberapa mata uang di negara Asia.

Baca juga: Rupiah Ditutup Menguat Setelah Sempat Lesu, Ini Penyebabnya

"Kalau proyeksinya hari ini dengan kondisi sentimen global, masih mensupport mata uang di Asia," jelas Josua.

Yuan China melemah 0,01 persen di angka 6.976 per dollar AS. Dollar Singapura melemah 0,13 persen di angka 10.358 per Dollar AS. Sedangkan Yen Jepang menguat 0,05 persen ke angka 109 per Dollar AS.

Lebih lanjut Josua memproyeksikan pergerakan rupiah sepanjang hari ini berada di angka Rp 13.940 per dollar AS sampai dengan Rp 14.050 per dollar AS. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X