Kompas.com - 26/11/2019, 12:03 WIB
Ilustrasi mobil listrik. The GuardianIlustrasi mobil listrik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berkomitmen dan memulai rencana besar untuk menjadi pemain global dalam pengadaan mobil listrik di Indonesia. Oleh sebab itu sebelum jauh-jauh untuk investasi kendaraan listrik maka pemerintah harus menyiapkan sumber daya penggeraknya yakni baterai.

"Upaya tersebut harus didukung kemudahan investasi dalam pemanfaatan hasil hilirisasi nikel menjadi baterai lithium yang berdaya saing," kata Johnny Darmawan, Wakil Ketua Umum Kadin di Tribata Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Johnny mengatakan, moratorium ekspor nikel per Januari 2020 akan dilakukan dan ini sangat baik untuk meningkatkan peluang yang baik di industri baterai. Ini adalah kebijakan di sektor hulu yang menjadi Iangkah awal untuk memposisikan Indonesia sebagai produsen baterai untuk mendukung proses elektrisasi kendaraan di lima tahun mendatang.

Baca juga: Investor China dan Jepang Bangun Pabrik Baterai Lithium di Morowali

Dia menambahkan, untuk menekan harga mobil listrik yang sangat tinggi, maka ada baiknya jika pemerintah lebih dahulu memulai komitmen dari kendaraan yang lebih kecil dulu.

Dengan begitu ke depannya akan membuat baterai semakin murah, yang otomatis mengurangi harga mobil listrik.

"Supaya harga baterainya bisa murah, kalau tidak dimulai (dengan kendaraan kecil) , kapan cost-nya turun?" ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional Kemenperin, Doddy Rahadi mengatakan, sejauh ini Indonesia belum menguasai teknologi pembuatan baterai.

Sehingga jika teknologinya sudah dikuasai maka bukan tidak mungkin Indonesia bisa memproduksi sendiri.

"Itu bertahap ya, kita kan baru di bahan baku baterainya, tentunya teknologi baterai harus kita kuasai dahulu. Nanti perkembangan berikutnya baru ada jenis baterai pack atau baterai cell," ungkapnya.

Baca juga: Vale Pasok Nikel Untuk Baterai Mobil Listrik dari Tambang di Pomalaa



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.