Kompas.com - 19/12/2019, 11:03 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot pada Kamis (19/12/2019) kembali mengalami penguatan tipis.

Mengutip Bloomberg, pada pukul 9.30 WIB, rupiah dibuka Rp 13.984 per dollar AS menguat tipis 4 poin atau 0,03 persen dibanding Rp 13.988 per dollar AS.

Menurut Ekonom bank Permata Josua Pardede rupiah akan bergerak terbatas diiringi sentimen window dresing serta penantian investor terhadap keputusan suku bunga Bank Indonesia.

Baca juga: Pasar Wait and See, Rupiah Ditutup Menguat Rp 13.988 Per Dollar AS

Di sisi lain, ada tiga hal yang ditunggu investor seperti keputusan rapat Bank Sentral Jepang (Bank of Japan/BOJ), keputusan RDG BI dan rilis tingkat pengumuman pengangguran Australia.

"Pergerakan rupiah kemudian diikuti oleh sentimen Window Dressing yang terjadi di akhir tahun serta penantian investor terhadap keputusan suku bunga acuan BI," ungkap Josua kepada Kompas.com.

Di sisi lain, Kepala Bidang Riset PT Monex Ariston Tjendra menyebut rupiah akan bergerak dikisaran yang tidak jauh dari sebelumnya. Hal ini mengingat kehati-hatian investor terhadap rencana penandatanganan kesepakatan dagang tahun depan.

Baca juga: Kenapa Benih Lobster Tak Dibudidaya Saja? Ini Kendalanya Kata KKP

"Kelihatannya masih di kisaran yang kurang lebih sama dengan beberapa hari terakhir pasca kesepakatan dagang AS -China, apalagi Gedung Putih memperkirakan penandatanganan kesepakatan fase satu di awal Januari 2020," ujar Ariston.

Ariston memproyeksikan rupiah akan bergerak pada kisaran Rp 13.960 per dollar AS sampai dengan Rp 14.030 per dollar AS.

Baca juga: Ini 5 Pekerjaan Freelance yang Bergaji Miliaran Rupiah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.