Simak, 5 Hal Ini Bakal Anda Sesalkan 10 Tahun Mendatang Bila Tak Diubah

Kompas.com - 21/12/2019, 16:48 WIB
Ilustrasi bekerja SHUTTER STOCKIlustrasi bekerja

NEW YORK, KOMPAS.com - Hidup ini singkat dan waktu muda Anda amat terbatas. Anda punya kesempatan untuk memaksimalkan hidup Anda untuk memperkecil penyesalan di masa depan. Tapi, ada pula yang tidak peka dan merasa baik-baik saja saat menyia-nyiakan waktu.

Mungkin penyesalan paling umum yang kerap Anda dengar antara lain hilangnya peluang, tidak menghabiskan waktu secara baik, tidak melakukan pekerjaan yang bermakna, menunda-nunda, tidak membentuk kebiasaan baik, atau tidak menguasai suatu keterampilan.

Setiap pilihan yang Anda ambil dalam hidup, atau kombinasi dari pilihan-pilihan itu akan membentuk seberapa banyak yang Anda sesalkan atau bahkan Anda syukuri kemudian. Untuk itu, coba ubahlah 10 kebiasaan buruk guna menghindari banyak penyesalan di masa depan.

1. Menunggu waktu yang tepat

Jangan menunggu waktu yang tepat atau sampai semuanya beres. Sebab, semua tidak akan pernah sempurna. Akan selalu ada tantangan, hambatan, dan kondisi kurang sempurna.

"Alih-alih menunggu, mulailah sekarang. Dengan setiap langkah yang Anda ambil, Anda akan tumbuh lebih kuat dan lebih kuat, lebih terampil, lebih percaya diri dan lebih sukses," kata Mark Victor Hansen dikutip dari pendiri startup Thomas Oppong, CNBC, Sabtu (21/12/2019).

2. Menunggu dipilih

Jangan menunggu dipilih. Alih-alih menunggu dipilih, cobalah untuk berhenti menunggu, merengek, dan mengulur waktu. Meski tak ada yang tahu seperti apa hasilnya, tapi lebih baik lakukan sesuatu dibanding tak dapat apa-apa.

Cara sederhananya mulailah bertanggung jawab atas pekerjaan Anda sendiri, atas agenda Anda sendiri, dan atas perubahan yang Anda buat di dunia. Sebab, melakukan sesuatu setiap hari akan membuat perbedaan besar dibanding hanya menunggu.

3. Menjalani hidup orang lain

Masa muda Anda sangat terbatas. Jangan sia-siakan dengan menjalani hidup orang lain. Jangan pula terjebak oleh dogma alias pemikiran orang lain.

Bila Anda punya pikiran sendiri bagaimana caranya mencapai kesuksesan, maka lakukanlah. Jangan biarkan pendapat orang lain menenggelamkan suara hati Anda sendiri.

Dan yang paling penting, miliki keberanian untuk mengikuti kata hati dan intuisi Anda. Mereka entah bagaimana sudah tahu apa yang benar-benar Anda inginkan.

4. Gagal mencoba

Ada kata mutiara yang menyebutkan lebih baik mencoba dan gagal daripada gagal mencoba. Sebab, alasan terbesar orang yang gagal mengubah hidup, mengejar tujuan, dan mengubah kebiasaan adalah karena mereka gagal mencoba. Mereka gagal menemukan motivasi untuk memulai.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X