Milenial, Simak 5 Tips Keuangan Ini

Kompas.com - 04/01/2020, 18:53 WIB
Ilustrasi ThinsktockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah, mobil dan menikmati liburan ke berbagai negara merupakan impian bagi semua orang khususnya bagi kaum milenial yang baru saja mendapatkan pekerjaan.

Tetapi untuk memenuhi impian tersebut kamu membutuhkan penghasilan yang besar atau rencana strategis.

Mengutip dari Etnonews, Sabtu (4/1/2020), ada 5 tips yang dapat dipakai para pekerja milenial untuk mengatur keuangan mereka.

Baca juga: Bakal Tren di 2020; Milenial Lakukan Rentvesting, Apa itu?

1. Gunakan 50 persen penghasilan untuk kebutuhan dasar

Pengeluaran bulanan dasar kamu termasuk sewa tempat tinggal, tagihan listrik, biaya transportasi, asuransi berjangka, dan kartu kredit tidak boleh lebih dari 50 persen dari gaji.

Jika kamu melewati ambang ini, cari tahu dan berpikirlah bagaimana cara untuk menutupinya. Misalnya sewa rumah, termasuk tagihan listrik tidak boleh melebihi 20 persen. Kamu bisa menghemat penggunaan listrik tersebut

2. Pengeluaran tersier jangan melebihi 20 persen dari penghasilan

Kaum milenial sering tergoda untuk melakukan pembelian impulsif seperti membeli smartphone yang mahal, makan di luar, atau pakaian dengan brand ternama.

Para ahli mengatakan, orang-orang pada tahap ini tidak boleh menghabiskan lebih dari 20 persen dari pendapatan mereka untuk pengeluaran yang tidak penting.

Baca juga: Ini Investasi yang Cocok buat Milenial dan Generasi Z

3. Tabung setidaknya 30 persen dari penghasilan

Segeralah menabung untuk membuat dana darurat yang setara dengan pengeluaran enam bulan kamu. Sehingga saat kamu mengalami hal darurat, dana ini bisa digunakan. Alokasikan setidaknya 30 persen penghasilan kamu untuk ditabung.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X