Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentimen atas Virus Corona Berkurang, Rupiah Dibuka Menguat

Kompas.com - 06/02/2020, 09:11 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pembukaan perdagangan di pasar spot pada Kamis (6/2/2020) kembali mengalami penguatan.

Mengutip data Bloomberg pada pukul 08.06 WIB, rupiah dibuka pada level Rp 13.658 per dollar AS atau menguat 32 poin sebesar 0,24 persen dibandingkan penutupan Rabu Rp 13.690 per dollar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan rupiah diproyeksikan menguat hari ini terdorong sentimen kekhawatiran pasar akan dampak virus corona yang mereda.

Baca juga: Strategi Bauran Pemerintah dan BI Dinilai Berhasil Dongkrak Rupiah

"Rupiah mungkin masih bisa bergerak menguat hari ini mengikuti sentimen positif meredanya kekhawatiran pasar terhadap potensi pelambatan ekonomi karena virus corona," kata Ariston kepada Kompas.com.

Di sisi lain, kabar mengenai kemajuan penemuan vaksin virus corona oleh ilmuwan dari Inggris juga membantu memberikan sentimen positif terhadap pasar global.

"Tapi pasar tetap waspada dengan perkembangan selanjutnya," jelasnya.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada level Rp 13.660 per dollar AS sampai dengan Rp 13.730 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com