Terimbas Virus Corona, Rupiah Diprediksi Melemah Sepanjang Hari Ini

Kompas.com - 07/02/2020, 10:37 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.comIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pembukaan perdagangan di pasar spot pada Jumat (7/2/2020) kembali mengalami penguatan tipis.

Mengutip data Bloomberg pada pukul 08.13 WIB, rupiah dibuka pada level Rp 13.625 per dollar AS.

Rupiah menguat 10 poin sebesar 0,07 persen dibandingkan penutupan Kamis Rp 13.635 per dollar AS.

Baca juga: Penanganan Wabah Corona Dorong Rupiah Kembali Menguat

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, meskipun dibuka menguat, pasar kembali khawatir dengan virus corona.

Jumlah korban tewas akibat virus corona terus bertambah menjadi 636 orang yang akan menjadi sentimen negatif bagi pergerakan rupiah akhir pekan.

"Rupiah juga mungkin melemah hari ini karena penyebaran Virus corona kembali menjadi kekhawatiran setelah muncul laporan bertambahnya orang yang terjangkit virus ini di China, Singapura dan di lepas laut Jepang," kata Ariston kepada Kompas.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keadaan diperparah oleh salah keluhan dari pejabat bank sentral AS dan Australia yang mempermasalahkan virus corona sebagai pemicu perlambatan ekonomi global.

Baca juga: Meski Ekonomi Melambat, Rupiah dan IHSG Diproyeksi Tetap Menguat

"Kekhawatiran tersebut terlihat pada pelemahan tipis aset berisiko pagi ini seperti indeks saham Nikkei dan mata uang emerging market. Tapi, harga emas kembali menguat," katanya.

Ariston memproyeksikan rupiah akhir pekan akan melemah pada kisaran Rp 13.600 per dollar AS sampai dengan Rp 13.720 per dollar AS.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X