Jasa Marga Sebut Tarif Tol Akan Disesuaikan dengan Kelaikan Rest Area

Kompas.com - 07/02/2020, 22:00 WIB
Ilustrasi jalan tol. Jasa MargaIlustrasi jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (persero) sejauh ini terus melakukan optimalisasi pelayanan. Namun tentunya hal ini berbarengan dengan peningkatan tarif yang akan dikenakan kepada konsumen.

Corporate Secretary Jasa Marga, Mohamad Agus Setiawan mengatakan komponen tarif yang masuk dalam pertimbangan Jasa Marga tak hanya sebatas jalan tol, tapi juga infrastruktur pendukungnya seperti rest area.

"Terkait dengan penyesuaian tarif, iya rest area itu termasuk di komponen SPM (standar pelayanan minimal)," kata Agus di Jakarta Selatan, Jumat (7/2/2020).

Agus menyebut tidak komponen yang mengukur tarif jalan tol yang dievaluasi BPTJ termasuk rest area. Hal tersebut dinilai mencakup substansi dalam penetapan harga tol.

"Pemerintah menilai SPM termasuk rest area. Jadi substansi yang dievaluasi BPTJ itu termasuk rest areanya. Tidak ada perbedaan pelayanan kami antara rest area dan jalan tol semua masuk substansi kami," katanya.

Disamping itu, melalui Peraturan Pemerintah, penyesuaian tarif tol sudah diatur dalam PP Nomor 15 tahun 2005 tentang jalan yang penyesuaian tarifnya dilakukan tiap 2 tahun sesuai laju inflasi.

"Penyesuaian tarif itu dilakukan 2 tahuh sekali, tapi ada juga (faktor lain) misalnya penyesuaian (tarifnya) mundur, ada penyesuaian golongan dari 5 menjadi 3, atau saat Lebaran ada diskon dan saat banjir kemarin digratiskan," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pendapatan yang diperoleh adalah volume dikali tarif, dan setiap 2 tahun itu volume dikali tarif akan disesuaikan dengan laju inflasi," ungkapnya.

Ia mencontohkan, misalkan 5 atau 6 tahun lalu saat inflasi berada pada level 7 persen, maka jika saat ini inflasi 3 persen maka tarif harus disesuaikan.

"Ada risiko juga itu untuk badan usaha. Karena diawal merencanakan penyesuaian tarif, tapi saat ini dan eksekusi sekarang kan ada prubahan. Termasuk volume lulintas," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.