PLN Sudah Siap Pasok Listrik untuk MotoGP Mandalika, Ini yang Dilakukan

Kompas.com - 12/02/2020, 18:16 WIB
Gardu Induk Jeranjang sebagai bagian dari Sistem kelistrikan Lombok, NTB, Selasa (11/2/2020). KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoGardu Induk Jeranjang sebagai bagian dari Sistem kelistrikan Lombok, NTB, Selasa (11/2/2020).

MATARAM, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) menyatakan telah siap memasok listrik untuk menyukseskan perhelatan Moto GP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat tahun depan.

Executive Vice President Operasi Regional Maluku, Papua dan Nusa Tenggara Indradi Setiawan mengungkapkan sejumlah persiapan yang sudah dilakukan di antaranya terus meningkatkan cadangan pasokan listrik (reserve margin) hingga 30 persen.

"Selain itu, kami juga telah menyiapkan suplai listrik dari 2 titik di lokasi MotoGP, yakni dari Gardu Induk Kuta, dan ditambah dari Gardu Induk Sengkol. Selain itu kami juga akan siapkan genset di lokasi acara," kata Indradi, Selasa (11/2/2020) malam.

Baca juga: Bangun Mandalika dkk, ITDC Minta Suntikan Dana dari Pemerintah

Menurut dia, sistem kelistrikan di Pulau Lombok sudah bisa diandalkan untuk mendukung perhelatan internasional tersebut. Apalagi pada bulan depan, satu pembangkit yakni PLTU Jeranjang II akan mulai memasok listrik ke sistem Lombok.

Pasokan listrik di Pulau Lombok saat ini dilayani oleh PLN melalui Sistem Lombok.

Hingga saat ini sistem tersebut memiliki daya mampu sebesar 294 MW. Sementara untuk beban puncak mencapai 263 MW dan cadangan 30,4 MW.

Untuk memasok listrik di Sistem Lombok, ada 19 pembangkit listrik yang beroperasi di Pulau Lombok. Dari pembangkit-pembangkit tersebut, pasokan utama berasal dari PLTU Jeranjang dan  

Bagi PLN, perhelatan MotoGP merupakan salah satu agenda yang harus dipersiapkan secara matang. Bagaimanapun, event tersebut menjadi ajang Indonesia menunjukkan berbagai potensi yang dimiliki kepada warga dunia.

Sirkuit Jalan Raya

Sirkuit Mandalika diklaim sebagai sirkuit jalan raya pertama di dunia untuk perhelatan MotoGP. Adapun pembangunan Sirkuit Mandalika kemungkinan rampung pada akhir tahun 2020.

Sirkuit Mandalika telah mendapatkan kontrak dari MotoGP untuk lima tahun.

Sirkuit ini mempunyai panjang lintasan 4,31 kilometer. Jumlah tikungan lintasan ini berjumlah 17. Lintasan dibangun dalam kawasan The Mandalika, yang merupakan destinasi pariwisata kelas dunia. Sirkuit ini merupakan lintasan terbuka dan menyajikan pemandangan bukit dan pantai.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X