Dapat Surel dari Ditjen Pajak, Kapan Waktu yang Tepat untuk Lapor SPT?

Kompas.com - 06/03/2020, 15:07 WIB
Ilustrasi formulir SPT Pajak.go.idIlustrasi formulir SPT

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pajak mengirim e-mail alias surat elektronik kepada para wajib pajak untuk segera melaporkan Surat Pemberitahuan ( SPT) Tahunan untuk tahun pajak 2019.

Di dalam surat cinta yang mengatasnamakan Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo tersebut, wajib pajak disarankan untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh tahun Pajak 2019 sebelum 6 Maret 2020.

Meski pun batas akhir penyampaian laporan SPT Tahunan wajib pajak orang pribadi (OP) adalah 31 Maret 2019.

Baca juga: Jokowi dan Maruf Amin Sudah Laporkan SPT Tahunan, Kamu Kapan?

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas DJP Hestu Yoga Saksama mengatakan, pelaporan SPT lebih cepat perlu dilakukan untuk menghindari trafik di laman DJP Online yang biasanya bakal sibuk di akhir masa pelaporan.

" Penyampaian SPT Tahunan melalui e-filing kami sarankan dilakukan lebih awal, jangan mendekati jatuh tempo akhir Maret karena trafik akan cukup tinggi," ujar Hestu kepada Kompas.com, Jumat (6/3/2020).

Hestu menyebutkan, biasanya di pertengahan Maret penyampaian laporan SPT rata-rata harian sebanyak 250.000 sampai 300.000 per hari.

Namun di akhir Maret jumlah tersebut bakal melonjak dua kali lipat menjadi 500.000 sampai dengan 600.000 per hari,

"Akhir bulan juga batas waktu penyampaian SPT Masa PPN dimana penyampaiannya melalui efiling juga sudah banyak, sehingga menambah trafik," ujar dia.

Baca juga: Panduan Cepat Lapor SPT Pajak bagi Wajib Pajak Perorangan

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X