KILAS

Upayakan Efisiensi Energi, PGN Jalin Kerja Sama Perluasan Pemanfaatan LNG

Kompas.com - 06/03/2020, 19:15 WIB
Pihak PGN dan APTRINDO menandatangani nota kesepahaman, di Hotel Sultan Jakarta, Jumat (6/3/2020). DOK. PGNPihak PGN dan APTRINDO menandatangani nota kesepahaman, di Hotel Sultan Jakarta, Jumat (6/3/2020).

KOMPAS.com – Penggunaan Liquified Natural Gas ( LNG) sebagai bahan bakar mampu menghasilkan pembakaran yang lebih kompetitif, bersih, dan ramah lingkungan.

Bahkan dibanding mesin diesel, efek suara mesin menjadi tidak begitu bising, meski performanya tidak jauh berbeda.

Keamanan juga lebih terjamin karena saat bocor, bahan bakar tidak akan tumpah, namun langsung menguap dengan cepat.

Dari segi daya jelajah per 1 liter bahan bakar, tangki bahan bakar LNG memiliki volume yang lebih besar yaitu mencapai 450 liter untuk 1.000 kilometer (km).

Baca juga: Kembangkan Bisnis LNG di Pasar Global, PGN Gandeng Perusahaan China

Melihat kelebihan-kelebihan LNG, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) yang berperan meningkatkan pemanfaatan gas domestik di Indonesia, berusaha memperluas pemanfaatan LNG di sektor transportasi.

Hal tersebut dilakukan untuk menekan defisit neraca migas, mengurangi impor Bahan Bakar Minyak (BBM), serta menyukseskan program pemerintah terkait penggunaan energi ramah lingkungan.

Upaya yang dilakukan PGN adalah menandatangani nota kesepahaman dengan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO), dalam rangkaian acara GAIKINDO Commercial Vehicle Expo 2020, di Hotel Sultan Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Nota kesepahaman tersebut terkait implementasi penggunaan bahan bakar LNG untuk truk logistik yang tergabung dalam APTRINDO.

Baca juga: SKK Migas Optimistis Indonesia Bisa Menjadi Pemasok Utama LNG di Pasar Global

Direktur Strategi dan Pengembangan PGN Syahrial Mukhtar beserta Ketua Umum DPP APTRINDO Gemilang Tarigan, menandatangani nota kesepahaman tersebut secara langsung.

Pada kesempatan tersebut Syahrial mengatakan, truk logistik berkontribusi besar dalam mengangkut hasil produksi.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X