Pengusaha Minta Penyelenggaraan Tol Laut Libatkan Seluruh Pihak

Kompas.com - 09/03/2020, 20:06 WIB
Ilustrasi: Kapal Tol Laut bersandar di Pelabuhan Manokwari Papua Barat, beberapa waktu lalu. KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoIlustrasi: Kapal Tol Laut bersandar di Pelabuhan Manokwari Papua Barat, beberapa waktu lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Indonesian National Shipwoners Association (INSA) Carmelita Hartoto menilai selama ini penyelenggaraan Tol Laut belum bisa signifikan menekan ongkos logistik.

Atas dasar itu, dia meminta pemerintah perlu menggandeng seluruh pihak dalam penyelenggaraannya agar lebih optimal.

“Kami pernah menyampaikan langsung kepada Bapak Presiden di Istana beberapa waktu lalu, untuk optimalisasi tol laut ini memerlukan dukungan seluruh pihak, termasuk juga dari BUMN,” ujar Carmelita dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/3/2020).

Baca juga: Kemenhub Ungkap 5 Modus Monopoli Tol Laut

Carmelita mencontohkan, untuk mengoptimalisasi tol laut agar harga bahan pokok di Indonesia Timur dan Barat menjadi sama, diperlukan dukungan seluruh pihak mulai dari kementerian terkait, termasuk BUMN.

Menurutnya, konsep tol laut dapat mulai memanfaatkan pelayaran nasional yang sebelumnya sudah mempunyai rute tetap ke pelabuhan-pelabuhan pengumpul.

Selain itu, masing-masing daerah memiliki dan membutuhkan komoditas yang berbeda. Misalnya, seperti di Wamena, yang membutuhkan komoditas semen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maka BUMN yang bergerak di bidang semen agar memberikan subsidi silang dari keuntungan penjualan di Indonesia barat, dengan menjual semen di wilayah timur dengan harga produksi.

Kemudian, para pelaku usaha ritel agar diajak menjual barang pokok, seperti terigu, minyak, beras dan mie instan. Dengan begitu, tidak lagi membutuhkan distributor dan agen di daerah-daerah tujuan tol laut.

“Dengan cara ini memperkecil risiko adanya harga barang tol laut dijual dengan harga mahal,” kata Carmelita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.