Masih Tertekan Corona, Rupiah Tembus Rp 14.400 Per Dollar AS

Kompas.com - 10/03/2020, 09:04 WIB
Ilustrasi dollar AS KOMPAS/RIZA FATHONIIlustrasi dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada perdagangan di pasar spot Selasa (10/3/2020) masih tertekan sentimen virus corona.

Mengutip data Bloomberg, pada pukul 08.40  WIB, rupiah berada di level Rp 14.411 per dollar AS atau melemah 0,13 persen dibanding penutupan Senin Rp 14.392 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, sentimen negatif masih menekan aset berisiko hari ini sehingga rupiah masih berpotensi tertekan.

"Hari ini rupiah masih berpotensi tertekan, karena kekhawatiran terhadap penyebaran virus corona masih mendominasi pasar," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Diterpa 2 Sentimen Negatif, Rupiah dan IHSG Rontok

Ia mengatakan, indeks saham Dow Jones mengalami penurunan harian terbesar dalam sejarah, lebih dari 2.013 poin (7,8 persen) bisa berdampak pada ekonomi global dan rupiah.

Di sisi lain, kabar baik muncul dari beberapa negara seperti Italia, Jepang, AS dan Kanada yang bersiap melakukan stimulus untuk menopang perekonomian masing-masing mengahadapi dampak negatif corona.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.500 per dollar AS sampai dengan Rp 14.260 per dollar AS.

Baca juga: Penutupan Perdagangan Sesi Pertama, IHSG dan Rupiah Jeblok



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.