Dampak Virus Corona Masih Bebani Pergerakan Rupiah di Sesi Penutupan

Kompas.com - 11/03/2020, 16:36 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot Rabu (11/3/2020) kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 14.374 per dollar AS atau melemah 22 poin sebesar 0,16 persen dibanding penutupan Selasa Rp 14.352 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan sentimen negatif dari dampak penyebaran virus corona masih terus menahan pergerakan rupiah. Hal ini karena jumlah wabah yang menyebar di negara lain mulai bermunculan.

"Sebenarnya jumlah kasus yang dilaporkan di China sebagai episentrum penyebaran virus terus berkurang. Namun lonjakan kasus baru masih terjadi di belahan dunia lain," kata Ibrahim.

Baca juga: Rupiah Hari Ini Diprediksi Lanjutkan Kenaikan

Ibrahim mengatakan, dari sentimen eksternal, saat ini pasar masih menantikan langkah antisipasi dari Amerika Serikat mengenai stimulus yang direncanakan oleh untuk melawan dampak dari wabah penyakit virus corona (Covid-19).

Stimulus juga diberikan oleh Bank of England secara tidak terduga yang menurunkan suku bunga acuan pada hari ini sebesar 0,5 bps dari 0,75 bps menjadi 0,25 bps.

Sementara dari internal, pemerintah dan Bank Indonesia kembali melakukan intervensi baik secara fiskal maupun moneter yamg bertujuan untuk mengimbangi bank sentral global yang sudah kembali turun ke pasar.

Di samping itu, efek intervensi yang dilakukan pemerintah melalui OJK dan Bursa Efek Indonesia (BEI) masih berlanjut pada hari ini.

"Pemerintah dan Bank Indonesia mengambil langkah cepat guna membantu roda perekonomian akan terpacu lebih cepat akibat wabah virus corona yang diprediksi akan menekan pertumbuhan ekonomi global," jelasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X