Ini 3 Langkah yang Dilakukan Pemerintah Redam Dampak Virus Corona

Kompas.com - 11/03/2020, 21:25 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengaku sudah menyiapkan tiga langkah guna meminimalisir dampak virus corona terhadap perekonomian nasional.

Staf Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Edi Pambudi mengatakan, langkah-langkah tersebut dilakukan dengan menyesuaikan skenario perkembangan wabah virus corona.

Adapun langkah pertama yang dilakukan dengan mempertimbangkan skenario virus corona akan berakhir dalam jangka pendek, pemerintah melalui Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjaga stabilitas pasar keuangan tanpa menimbulkan kepanikan berlebih bagi pelaku usaha maupun masyarakat.

Baca juga: Harga Minyak Dunia Anjlok, Sri Mulyani Buka Peluang Kaji Ulang Stimulus Tahap II

"Dari sisi ekonomi, pihak otoritas baik BI maupun OJK sudah menjaga situasi stabilitas di sektor keuangan. Karena kita jangan sampai merambah kesana karena ini yang paling rentan dalam berbagai macam sentimen dan isu," tuturnya, di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Langkah kedua yang dilakukan pemerintah adalah dengan mengeluarkan stimulus berupa paket kebijakan.

Edi memastikan, pemerintah akan mengeluarkan kebijakan ini dengan cepat. Sebab, stimulus pertama dinilai masih belum efektif meredam dampak virus corona terhadap perekonomian nasional.

"Karena ini menyangkut kebijakan yang menyangkut yang juga menyentuh berbagai sektor, tentu harus disepakati oleh beberapa pihak sehingga sore ini kita finalisasi supaya segera dirilis untuk memudahkan proses," ujarnya.

Baca juga: Sri Mulyani Bakal Rilis Stimulus Pajak untuk Redam Dampak Corona, Ini Bocorannya

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X