Kompas.com - 13/03/2020, 08:57 WIB
Karyawan menunjukkan emas batangan bergambar shio anjing tanah saat diluncurkan di Jakarta, Kamis (18/1/2018). PT Antam meluncurkan produk emas batangan seberat 88 gram bermotif anjing tanah edisi khusus Tahun Baru Imlek 2569 yang jatuh pada bulan Februari 2018. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGKaryawan menunjukkan emas batangan bergambar shio anjing tanah saat diluncurkan di Jakarta, Kamis (18/1/2018). PT Antam meluncurkan produk emas batangan seberat 88 gram bermotif anjing tanah edisi khusus Tahun Baru Imlek 2569 yang jatuh pada bulan Februari 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga emas diprediksi akan bergerak menguat hari ini, Jumat (13/3/2020). Hal ini sejalan dengan anjloknya kinerja pasar saham.

Pada sesi perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) kemarin, Kamis (12/3/2020) IHSG ditutup turun 5,01 persen ke level 4.895,75.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Pieter Abdullah mengatakan, seiring dengan melemahnya pergerakan IHSG, harga emas justru berpotensi mengalami peningkatan.

Baca juga: Hari Ini Harga Emas Antam Turun Rp 8.000

Pasalnya, pelemahan IHSG mengindikasikan investor pasar saham memindahkan modalnya ke instrumen investasi yang lebih aman.

"Sebagai gantinya mereka menempatkan investasi pada instrument yang bebas risiko atau save haven termasuk di antaranya adalah emas," tuturnya kepada Kompas.com, Kamis.

Kendati demikian, Pieter tidak bisa memproyeksikan seberapa besar kenaikan harga yang dialami emas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, emas disebut bukan satu-satunya instrumen investasi yang aman.

"Besarnya penguatan harga emas ditentukan seberapa banyak yang memilih beralih ke emas," ucapnya.

Baca juga: Hari Ini Harga Emas Antam Turun Rp 3.000

Sebagai informasi, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk pada Kamis (12/3/2020) berada di angka Rp 831.000 per gram. 

Angka tersebut turun Rp 8.000 jika dibandingkan harga emas pada Rabu (11/3/2020).

Sementara itu, harga buyback atau harga yang didapat jika pemegang emas Antam ingin menjual emas batangan tersebut berada di harga Rp 756.000.

Harga tersebut turun Rp 8.000 jika dibandingkan harga sehari sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.