Kompas.com - 14/03/2020, 13:50 WIB
IMF shutterstock.comIMF

WASHINGTON, KOMPAS.com - Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia pada JUmatt (13/3/2020) waktu setempat mendorong pegawai di kantor pusat mereka di Washington, Amerika Serikat untuk bekerja dari rumah.

Langkah tersebut diambil setelah salah satu pegawai IMF didiagnosa positif terinfeksi virus corona (COVID-19).

Dikutip dari Reuters, salah satu sumber IMF mengatakan, meski ada anjuran kerja dari rumah, institusi pembiayaan global tersebut tetap beroperasi secara normal dan siap melayani negara-negara anggotanya.

Baca juga: Ini Daftar Stimulus Ekonomi untuk Redam Dampak Corona

Dorongan tersebut, meski tidak diwajibkan bakak berdampak pada 2000 staf IMF di kantor pusat dan 16.000 pegawai Bank Dunia, International Finance Corp dan konsultan lain di Washington.

Pasalnya, letak institusi-institusi tersebut saling berdekatan, yang juga dengan dengan Gedung Putih.

Saat ini, karyawan IMF yang didiagnosa positif COVID-19 tengah mengarantina dirinya sendiri dan mendapatkan layanan kesehatan yang memadai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami bekerja dengan layanan kesehatan lokal untuk melacak kontak terdekat pekerja tersebut, juga mencari siapa saja yang kemungkinan tertular," ujar sumber tersebut.

Adapun hingga saat ini belum ada staf ataupun konsultan kelompok Bank Dunia yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Juru bicara World Bank menyatakan, hingga saat ini mereka masih beroperasi penuh.

Adapun juru bicara IMF mengatakan, hanya perjalanan penting tertentu saja yang diizinkan oleh organisasi untuk mengunjungi negara-negara yang dianggap berisiko tinggi, termasuk 29 negara Eropa, China, Iran, dan Korea Selatan.

Adapun IMF dan World Bank pekan ini diuji bersama ribuan karyawannya untuk bekerja jarak jauh. Pasalnya, persebaran virus telah membuat mereka harus menyelenggarakan pertemuan musim semi di bulan depan melalui video conference.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.