Ini Buktinya Pakai Kartu Kredit Lebih Hemat Ketimbang Tunai

Kompas.com - 14/03/2020, 12:00 WIB
Ilustrasi kartu kredit ShutterstockIlustrasi kartu kredit

KOMPAS.com - Sekarang ini, berbagai transaksi semakin mudah dilakukan, salah satunya dengan kartu kredit. Banyak yang masih mengira menggunakan kartu kredit itu ribet, lama, dan butuh banyak uang atau lebih boros dari langsung secara cash (tunai).

Namun pemikiran itu tidaklah tepat, karena nyatanya kartu kredit adalah salah satu metode pembayaran yang memudahkan dalam melakukan transaksi apa pun, baik itu transaksi pembelian barang, pembayaran listrik, atau pembayaran lainnya.

Perkembangan kartu kredit dari waktu ke waktu pun semakin populer di kalangan masyarakat, mulai dari kalangan atas, menengah hingga kalangan bawah. Tak sedikit mereka menggunakan kartu kredit sebagai alternatif pembayaran karena dianggap mudah dan cepat, juga tidak ribet seperti halnya uang tunai.

Kartu kredit semakin diminati karena menyediakan berbagai macam promo atau diskon yang membuat semakin mudah memenuhi kebutuhan. Tapi tetap saja ada yang beranggapan daripada pakai kartu kredit, mending bayar tunai karena tidak ribet bahkan bikin boros.

Bagaimana dengan Anda? Ini lho buktinya pakai kartu kredit justru bisa membantu untuk lebih berhemat ketimbang secara tunai, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Bisa Belanja Kebutuhan Lebih Hemat karena Banyak Diskon Kartu Kredit

Setiap orang pasti membutuhkan barang-barang yang menjadi kebutuhan setiap bulannya. Jadi yang namanya belanja bulanan atau barang kebutuhan utama tak terhindarkan.

Saat menggunakan kartu kredit untuk berbelanja, dan saat lagi ada diskon atau promo maka tagihan pembayaran akan berkurang karena harga dari barang tersebut lebih murah dari harga yang sesungguhnya.

Semakin banyak nilai belanja Anda maka cashback Anda akan berlipat ganda. Tentu saja, akan semakin banyak pula barang-barang yang dibutuhkan bisa terbeli.

Berbeda saat Anda menggunakan uang tunai yang tidak mendapat apapun. Anda tetap harus membayar harga barang tanpa ada potongan harga atau diskon lainnya.

2. Terpaksa Beli Barang Lagi karena Tak Ada Uang Kembalian Kalau Pakai Uang Tunai

Pernahkah Anda beli barang yang sebelumnya tidak ingin membelinya hanya karena penjual atau kasir tidak punya uang kembalian? Ya, inilah yang kerap terjadi dengan pembayaran tunai.

Ketika penjual atau kasir tak memiliki cukup uang receh untuk kembalian, ujung-ujungnya Anda harus membeli barang lagi yang mungkin tidak dibutuhkan hanya karena tidak ada uang kembalian.

Jika Anda sering belanja dan sering pula tak memperoleh uang kembalian, maka akan ada banyak pula Anda membeli barang-barang yang tak dibutuhkan. Artinya, ini adalah sebuah pemborosan tentunya.

Baca Juga: Menggunting Kartu Kredit, Perlu Atau Tidak?

3. Pakai Kartu Kredit Mampu Menahan Godaan Pemborosan

Manfaat lain dari kartu kredit dalam kehidupan adalah mampu menahan diri dari godaan pemborosan. Bagaimana bisa? Ya, ketika memegang uang tunai, secara psikologis rasanya selalu saja masih punya banyak uang.

Nah, kondisi seperti inilah yang bikin sulit menahan godaan untuk membeli sesuatu yang dilihatnya. Tanpa pikir panjang, langsung keluarkan uang dan membelinya.

Mulai dari membeli hal kecil seperti gorengan atau pun hal besar lainnya seperti tas dan sepatu. Jelas itu adalah pemborosan yang seharusnya tak dilakukan.

Tentu saja hal ini berbeda ketika menggunakan kartu kredit. Sebagai alternatif pembayaran, kartu kredit tidak bisa digunakan sembarangan.

Artinya, jika toko atau penjual itu tak memiliki alat gesek atau mesin EDC, maka Anda tidak bisa membayar dengan kartu kredit. Dan hal ini membuat Anda tidak sembarangan dalam berbelanja.

Sudah pasti ini akan membantu Anda untuk lebih hemat, bukan? Jadi kartu kredit bisa menahan Anda untuk membeli hal-hal yang kurang penting dan bisa mengurangi biaya belanjaan Anda.

4. Lebih Terhindar dari Berbagai Tindak Kejahatan.

Alasan berikutnya menggunakan kartu kredit lebih hemat dari pada uang tunai adalah karena dapat menjauhkan Anda dari berbagai tindak kejahatan, yang selalu mengintai di mana pun dan kapan pun Anda berada.

Dengan penggunaan kartu kredit, Anda akan lebih mudah membawanya kemana-mana dan menyelipkannya saku celana atau pun baju dan ini tentunya lebih aman ketimbang Anda harus membawa dompet berisi uang tunai yang tidak mudah jika hanya sekadar ditaruh di kantong.

Bayangkan saat Anda memakai uang tunai saat berbelanja. Anda pasti akan membutuhkan dompet atau setidaknya tas kecil untuk menyimpan uang yang berlembar-lembar itu, bukan?

Hal itu memudahkan maling atau copet untuk mengambil uang Anda, karena tersimpan di dompet atau tas. Dan ini berbeda dengan kartu kredit yang bisa diselipkan di mana pun, karena ukurannya yang kecil dan mudah disimpan.

Belum Punya Kartu Kredit? Ajukan dan Manfaatkan dengan Maksimal

Sudah tahu ‘kan keuntungan menggunakan kartu kredit dibanding tunai? Tunggu apalagi, ajukan dan miliki kartu kredit Anda sekarang, rasakan semua keuntungannya dengan memanfaatkannya secara maksimal. Mungkin untuk saat ini Anda akan merasa belum membutuhkannya, namun ke depannya Anda merasa diuntungkan dari manfaat kartu kredit ini.

 

Artikel ini perupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X