Menpan RB Minta ASN Tunda Perjalanan dan Kegiatan Dinas

Kompas.com - 16/03/2020, 20:18 WIB
Menpan RB Tjahjo Kumolo bersama jajaran eselon kementerian membacakan Surat Edaran (SE) secara live streaming di akun Youtube resmi Kemenpan RB, Senin (16/3/2020). Dok. Youtube Kemenpan RBMenpan RB Tjahjo Kumolo bersama jajaran eselon kementerian membacakan Surat Edaran (SE) secara live streaming di akun Youtube resmi Kemenpan RB, Senin (16/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo memperbolehkan Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja di rumah hingga 31 Maret 2020 mendatang.

Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri PANRB No.19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Karena bekerja di rumah maupun di tempat tinggalnya masing-masing, Tjahjo meminta semua ASN menunda atau bahkan membatalkan perjalanan dinas maupun penyelenggaraan kegiatan yang menghadirkan banyak peserta alias kerumunan.

"Baik di lingkungan instansi pusat atau daerah agar ditunda atau dibatalkan dahulu," kata Tjahjo dalam konferensi video, Senin (16/3/2020).

Baca juga: Kerja di Rumah, ASN Tetap Dapat Tunjangan Kinerja

Selain itu, Tjahjo meminta ASN mengadakan rapat secara selektif sesuai dengan skala prioritasnya. Bahkan bila perlu, ASN bisa memanfaatkan teknologi digital untuk menyelenggarakan rapat seperti tele-conference alih-alih bertatap muka.

"Apabila ada urgensi yang sangat tinggi harus dilaksanakan rapat atau kegiatan lainnya di kantor, agar memperhatikan jarak aman antar peserta rapat," ucap dia.

Sama seperti penyelenggaraan rapat, perjalanan dinas ASN untuk beberapa pekan ke depan mesti diatur secara selektif.

Baca juga: Dua Level Pejabat ASN Ini Tetap Harus Kerja di Kantor

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X