Mulai Hari ini, Top Up E-Money di Gerbang Tol Jabotabek Ditiadakan Sementara

Kompas.com - 19/03/2020, 16:10 WIB
E-money KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENAE-money

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) memutuskan untuk menutup sementara isi ulang tunai atau top up uang elektronik di Seluruh Gerbang Tol di Jalan Tol Jasa Marga Wilayah Jabotabek, mulai hari ini, Kamis (19/3/2020).

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, hal itu sebagai langkah antisipasi pengendalian virus corona, yakni penerapan social distancing secara bertahap termasuk dalam hal aktivitas transaksi tol.

“Hal ini dilakukan karena kami mengutamakan kesehatan dan keamanan baik pengguna jalan maupun karyawan operasional. Dengan adanya fasilitas top up tunai masih ada transaksi dengan menggunakan uang tunai dan potensi kontak fisik antara pengguna jalan dengan karyawan operasional Jasa Marga,” tuturnya dalam keterangan tertulis, Kamis.

Baca juga: Jadi Tempat Karantina ODP dan PDP Corona, BUMN Perbaiki Wisma Atlet Kemayoran

Dengan adanya kebijakan tersebut, Heru mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol.

“Memastikan kecukupan saldo merupakan dukungan pengguna jalan untuk ikut menerapkan social distancing di gerbang tol,"katanya.

Lebih lanjut, Heru menyebutkan pengguna jalan tol nantinya tidak dianjurkan menggunakan uang elektronik pengguna jalan tol di belakangnya apabila uang elektronik tidak mencukupi. Sebab, hal tersebut justru berlawanan dengan pelaksanaan social distancing.

"Di ruas jalan tol dengan sistem transaksi terbuka, pengguna jalan dengan saldo uang elektronik kurang dan harus meminjam di kendaraan belakangnya tetap melakukan kontak fisik berupa peminjaman uang elektronik. Ini harus dihindari,” ucap Heru.

Baca juga: Tes Corona, Menperin: Alhamdulillah Berdasar Swab Test Hasilnya Negatif

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.