5 Manfaat Beraktivitas dari Rumah untuk Keuangan Anda

Kompas.com - 19/03/2020, 15:46 WIB
Menurut penelitian, bekerja dari rumah membuat Anda lebih produktif dan tidak mudah lelah. ShutterstockMenurut penelitian, bekerja dari rumah membuat Anda lebih produktif dan tidak mudah lelah.
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Self distancing atau menjaga jarak saat berada di tempat umum tak selamanya buruk. Hal ini ternyata memiliki dampak yang positif pada keuangan Anda.

Penyebaran Virus Corna yang semakin memprihatinkan membuat perusahaan terpaksa memberlakukan WFH (work from home) dan membatasi aktivitas di ruang publik. Maka dari itu, transaksi online akan semakin digemari.

“Melalui kemampuan teknologi dan kecerdasan buatan, masyarakat tidak perlu tatap muka untuk melakukan transaksi sehingga produktivitas dapat terus terjaga, roda perekonomian pun bisa terus berputar,” kata Alie Tan, CEO Kredivo Indonesia melalui siaran resmi, Kamis (19/3/2020).

Baca juga: Kebijakan Kerja dari Rumah Bikin Miliarder Ini Tambah Kaya, Kok Bisa?

Ada 5 manfaat keuangan yang didapat selama Anda beraktivitas di rumah saja:

1. Bisa Berhemat

Beraktivitas dari rumah membuat Anda tidak hanya memiliki waktu luang, tetapi juga dapat menghemat pengeluaran yang biasa Anda gunakan saat beraktivitas di luar rumah.

Misalnya tidak mengeluarkan ongkos transportasi, menghemat biaya makan siang dengan makan masakan rumah, menghemat pengeluaran untuk bersosialisasi bersama kolega di sebuah kafe dan sebagainya.

“Beraktivitas dari rumah justru membuat Anda untuk dapat menabung sehingga uangnya dapat digunakan untuk bucket list Anda berikutnya,” kata Alie.

Baca juga: Rupiah Anjlok Sejak Februari 2020, Apa yang Dilakukan BI?

2. Review catatan keuangan

Waktu luang yang tersedia saat beraktivitas di rumah bisa menjadi saat yang tepat bagi Anda untuk mengevaluasi pengeluaran selama 3 bulan terakhir.

Anda bisa menganalisis apakah pengeluaran Anda terlalu berlebihan atau sudah seimbang dengan pemasukan. Ulasan catatan keuangan ini juga bisa jadi refleksi bagi Anda untuk lebih berhemat ke depannya.

Evaluasi ini sebaiknya dilakukan secara rutin setiap 2-3 bulan sekali.

3. Belajar investasi

Walau saat ini iklim investasi sedang tidak kondusif, namun Anda dapat mulai belajar tentang investasi untuk diterapkan saat iklim investasi sudah kembali normal.

Baca juga: Kebijakan Kerja dari Rumah Positif untuk Pegawai dan Perusahaan

Investasi merupakan hal penting bagi masa depan Anda. Dengan mengalokasikan sebagian penghasilan Anda untuk investasi. Maka dapat menjadi jaminan ketidakpastian masa depan serta mengajak Anda untuk belajar bagaimana mengelola keuangan secara disiplin dan cerdas.

“Investasi juga dapat digunakan untuk mewujudkan impian Anda ke depannya,” tambahnya.

4. Bisa menjaga cashflow secara sehat

Mungkin banyak dari Anda yang memanfaatkan waktu luang dengan membuka aplikasi belanja online untuk melihat koleksi terbaru atau mencari barang incaran yang belum sempat Anda cari.

Namun, Anda jangan terlena, tetap targetkan pengeluaran sesuai dengan kebutuhan dan pemasukan sehingga cashflow dapat terjaga secara sehat dan dapat terus dikontrol.

Target ini juga bisa Anda buat dengan cara menyusun perencanaan pengeluaran apa saja yang harus dibutuhkan selama Anda beraktivitas di rumah. Bahkan bisa mencakup rencana selama beberapa bulan ke depan.

Baca juga: Rupiah Dekati Rp 16.000, Pemerintah Harus Terapkan Protokol Krisis?

Mengelola keuangan secara disiplin seperti ini dapat semakin mengasah Anda untuk mengatur dan mengelola keuangan secara sehat.

5. Terhindar dari pemakaian uang kertas

Tidak dapat terelakkan bahwa uang kertas memiliki risiko tinggi sebagai sumber dari penyebaran virus dan bakteri.

Negara-negara lain seperti Korea Selatan dan Italia yang terjangkit virus COVID-19 saat ini juga telah menarik peredaran uang tunai demi pencegahan penyebaran virus yang meluas.

“Untuk itu, dalam kondisi saat ini peran teknologi keuangan mampu mencegah masyarakat bersentuhan langsung dengan uang kertas,” jelasnya.

Masyarakat juga tetap dapat bertransaksi dari rumah dengan memanfaatkan kehadiran fintech.

Baca juga: Tembus 16.000, Berikut Kurs Rupiah terhadap Dollar AS di 5 Bank Besar

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X