Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Warteg yang Gratiskan Makan di Jabodetabek

Kompas.com - 27/03/2020, 14:19 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama masa Tanggap Darurat Corona atau Covid-19, ada sekitar 1.000 warung tegal atau warteg yang memberikan layanan makan gratis setiap harinya dalam program Operasi Makan Gratis Bersama 1.000 Warteg di Jabodetabek.

Dalam keterangannya, Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ibnu Khajar mengatakan, program ini dilakukan untuk membantu kebutuhan makan para pekerja tenaga harian yang pendapatannya berkurang drastis imbas corona. Sekaligus membantu para pemilik warteg yang omzetnya turun drastis.

“Kami masuk ke ranah yang serius lainnya sebagai dampak atas wabah Corona, yaitu kebutuhan pangan dan penghasilan yang terganggu di tengah masyarakat. Melalui indonesiadermawan.id dan 46 cabang ACT, kami memberikan kesempatan untuk para dermawan dalam membantu saudara-saudara kita ini," kata Ibnu, Jumat (27/3/2020).

"Kami juga mengapresiasi semua usaha pemerintah, relawan dan para medis yang terus berjibaku melawan pandemi ini. Mari kita bersama-sama bergandengan tangan melawan Corona," kata dia lagi.

Baca juga: Lawan Corona, Erick Thohir: Stop Mengeluh dan Saling Menyalahkan

Sementara itu, Ketua Koordinator Warteg Nusantara (Kowantara), Mukroni, mengungkapkan program makan gratis di 1.000 warteg ini sangat membantu para pemilik warteg yang omzet usahanya tengah merosot karena sepinya pembeli.

Menurut dia, kondisi perekonomian saat sekarang pasca adanya virus corona cukup mempengaruhi keberlangsungan pengusaha warteg.

“Warteg adalah sumber logistik dari kalangan yang berpenghasilan, sejak zaman VOC. Perjuangan para pengusaha cukup menantang untuk kondisi wabah seperti saat ini,” ungkap Mukroni.

Dikonfirmasi ke ACT, berikut dari 50 dari 1.000 daftar warteg yang gratiskan makan di Jabodetabek selama status tanggap darurat corona.

1. Warteg Nurul Jl. Teuku Cik Ditiro No.84, RT.8/RW.7, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310.

Baca juga: Tahun Ini Pertamina Targetkan BBM Satu Harga di 83 Titik

2. Warteg Bu Ali Jl. Matraman Raya 224, RT.4/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310.

3. Warteg Ridho Ibu Jl. Otista Raya No.56 C, Kp. Melayu, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com