Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha Penyewaan Drone Ini Gratiskan Biaya untuk Penyemprotan Disinfektan

Kompas.com - 03/04/2020, 18:42 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan drone saat ini menjadi pilihan untuk memudahkan kegiatan penyemprotan disinfektan di tengah pandemik Covid-19.

Salah satu pemilik dari bisnis penyewaan drone di Yogyakarta yakni Tono Purwanto memilih meminjamkan secara gratis drone untuk menyemprotkan disinfektan sejak satu bulan lalu ketika Covid-19 sudah masuk ke Indonesia.

“Kita tidak kenakan biaya sewa, karena ya ini harus bergerak dari hati kemanusiaan, kalau untuk sewa-sewa di luar disinfektan tentunya ada biaya,” kata Tono sebagaimana dikutip dari Kontan.co.id, Jumat (3/4/2020).

Baca juga: Pandemi Corona, Pertamina Semprot Disinfektan di 100 SPBU

Tono selama ini memang menggeluti bisnis penyewaan drone sejak 2014. Awal mulanya bukan untuk kegiatan penyemprotan.

NamuIa belakangan banyak pihak yang meminta bantuannya untuk menyemprot disinfektan, seperti halnya Palang Merah Indonesia (PMI). Sehingga dia memilih untuk menggratiskan peminjaman drone mobil maupun drone terbang untuk keperluan tersebut.

Ia bilang sejak Covid-19 merebak, bisnis penyewaan drone turun drastis hingga 70% sejak 2 bulan lalu. Biasanya setiap hari ada saja yang menyewa drone di tempatnya.

Jika berminat untuk menggunakan jasa drone disinfektan ini, Tono juga memberikan beberapa pilihan drone seperti Drone sinar UV menggunakan drone mobil, drone terbang untuk disinfektan dengan ukuran 5-20 liter dan lain-lain.

“Kalau sekarang drone terbangnya kita sudah tidak lakukan, sekarang kita pakai drone mobil untuk sinar UV di rumah-rumah penduduk,” ujarnya.

Ia berharap, dengan membantu sesama manusia yang membutuhkan, pandemik Covid-19 juga akan segera hilang. Setelah itu, ia juga berencana untuk memulai dari awal lagi bisnis penyewaan drone miliknya. Rencananya, ia akan memberikan kemudahan pembayaran berjangka bagi para penyewa.

“Jadi tak semata-mata kita butuh uang saja, pembayaran berjangka juga perlu dilakukan untuk memulihkan bisnis drone saya,” tutupnya.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Pebisnis drone bebaskan biaya sewa drone untuk penyemprotan disinfektan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com