Pergerakan Rupiah Diproyeksikan Bakal Tertekan Hari Ini

Kompas.com - 08/04/2020, 10:01 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (8/4/2020) kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.30 WIB rupiah berada pada level Rp 16.205 per dollar AS atau melemah 5 poin (0,03 persen) dibandingkan penutupan Selasa pada level Rp 16.200 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan pergerakan rupiah hari ini diproyeksikan bakal mengalami tekanan lantaran jumlah kasus virus corona di AS kembali meningkat.

Baca juga: Pembukaan Perdagangan, IHSG Langsung Melorot

“Sentimen negatif kembali masuk ke pasar keuangan setelah data tingkat kematian akibat virus di AS menunjukkan kenaikan yang tajam,” ungkap Ariston kepada Kompas.com.

Peningkatan jumlah kasus di AS ini juga direspons bursa saham dengan pelemahan indeks. Ini terlihat dari indeks Dow Future yang sempat mengalami penurunan 147 poin atau 0,68 persen. Demikian juga dengan S&P yang turun 0,12 persen disusul oleh indeks Nasdaq yang juga turun 0,33 persen.

Pasar yang mulai khawatir, kemudian mulai mencari cara untuk mengamankan investasinya. Salh satunya adalah dengan beralih ke asset save heaven.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pasar kembali masuk ke safe haven seperti dollar AS,” ujar Ariston.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 16.150 per dollar AS sampai dengan Rp 16.350 per dollar AS.

Baca juga: Tiga Tahun Berturut-turut, Jeff Bezos Duduki Posisi Orang Paling Kaya di Dunia



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X