Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Karya Rampungkan Fasilitas di RS Khusus Corona Pulau Galang

Kompas.com - 13/04/2020, 16:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) menyelesaikan pembangunan fasilitas observasi dan karantina untuk pengendalian infeksi virus corona (Covid-19) di Pulau Galang, Kepulauan Riau.

Rumah sakit yang dibangun sejak 9 Maret 2020 untuk mengantisipasi melonjaknya pasien Covid-19 di Indonesia ini, telah rampung dan diresmikan operasionalnya pada tanggal 6 April 2020.

Menurut Septiawan Andri, Senior Vice President Building Division Waskita Karya, sebanyak 12 bangunan RS tersebut dikerjakan perseroan.

Baca juga: Waskita Karya Garap Proyek Pembangunan Bandara Minangkabau

Adapun jenis pekerjaan antara lain Gedung Screening (1 gedung), Pos Jaga (1 gedung), Gedung Isolasi ICU 20 beds (1 gedung), Gedung Observasi 100 beds (2 gedung, masing-masing 50 beds), dan Power House (1 gedung).

Kemudian, Asrama Pegawai 40 beds (1 gedung), Asrama Perawat 80 tempat tidur (2 gedung, masing-masing 40 tempat tidur), Asrama Perawat 30 tempat tidur (1 gedung), Asrama Dokter 8 beds (1 gedung), Central Gas Medic, Pos Pantau Helicopter dan STP.

"Semua gedung yang dikerjakan sudah diisi perlengkapan (full furnished) termasuk dukungan teknologi di dalamnya seperti negatif pressure dan hepa filter di ruang isolasi, AC, jaringan telepon dan internet, MATV, sambungan listrik PLN dan genset, CCTV, sound system, fire alarm dan instalasi penunjang alat kesehatan lainnya dengan standar rumah sakit atau bangunan infeksius," ujar Septiawan dalam keterangan tertulis, Senin (13/4/2020).

Baca juga: Waskita Karya Berencana Terbitkan Obligasi Tahun Ini

Adapun pekerjaan penataan kawasan yang dilaksanakan Waskita adalah lanskap di setiap gedung, drainase seluruh kawasan, saluran keliling bangunan, helipad (3 buah), dan jalan rigid seluruh kawasan.

Selanjutnya, pagar BRC seluruh kawasan, penerangan jalan dengan solar panel seluruh kawasan, sinage kawasan, lapangan olah raga, serta selasar antar gedung di seluruh kawasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com