BUMN Beli Bahan Baku Obat Oseltamivir dari India

Kompas.com - 15/04/2020, 17:39 WIB
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga saat memberikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (8/4/2020). Dok. BNPBStaf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga saat memberikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (8/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pihaknya telah mendatangkan bahan baku obat oseltamivir dari India.

Menurut dia, obat itu akan digunakan untuk perawatan pasien positif Covid-19.

“Oseltamivir Ini sudah kita ambil bahan bakunya dari India. Obat untuk corona juga kaya cloroquine. Kita ambil untuk bahan baku 500.000 tablet,” ujar Arya saat video conference dengan wartawan, Rabu (15/4/2020).

Baca juga: Erick Thohir Ungkap Ada Bos BUMN yang Tak Mengerti Laporan Keuangan

Arya menyebutkan, bahan baku obat tersebut sudah tiba di Indonesia sejak 9 April 2020 lalu. Bahan baku obat tersebut diangkut dari India menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

“Kemudian juga kita ambil 1 ton chloroquine, bahan baku juga,” kata Arya.

Menurut dia, nantinya bahan baku tersebut akan diolah diolah oleh PT Bio Farma (Persero). Nantinya, obat-obat tersebut akan disebar ke rumah sakit rujukan Covid-19.

“Kemudian Oseltamivir sudah jadi sekarang. Sudah dikirim juga ke RSPJ,” ucap dia.

Baca juga: Satgas BUMN Peduli Covid-19 Riau Serahkan Donasikan Peralatan Medis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.