Penunjukkan 8 Mitra Kartu Prakerja Tuai Polemik, Ini Kata Pemerintah

Kompas.com - 22/04/2020, 19:17 WIB
Tangkapan layar program pelatihan Kartu Prakerja di situs https://prakerja.sekolah.mu/ Tangkapan layar di situs https://prakerja.sekolah.mu/Tangkapan layar program pelatihan Kartu Prakerja di situs https://prakerja.sekolah.mu/

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga saat ini, terdapat delapan platform digital yang bekerja sama dengan pemerintah sebagai mitra program Kartu Prakerja.

Ke delapan platform tersebut adalah Tokopedia, Ruang Guru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijar Mahir, dan Kemnaker.go.id.

Banyak pihak yang kemudian mempertanyakan proses kerja sama antara pemerintah dengan kedelapan mitra tersebut.

Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, sebelum akhirnya dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU), pemerintah telah terlebih dahulu melakukan pembahasan dengan delapan platform digital tersebut.

Saat itu, Project Management Office (PMO) atau manajemen pelaksana Kartu Prakerja belum terbentuk.

"Saat itu diskusi dipimpin oleh Kemenko (Perekonomian) dan KSP (Kantor Staf Presiden). Manajemen Pelaksana baru dibentuk 17 Maret," jelas Panji beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pak Presiden, Kartu Prakerja Butuh Evaluasi

"Keputusan untuk saling bekerja sama diambil tanggal 20 Maret saat bersama-sama menandatangani nota kesepahaman," jelas dia.

Panji pun enggan memberikan penjelasan lebih detil mengenai keputusan pemerintah hingga akhirnya ke delapan platform tersebutlah yang diajak bekerja sama.

Dia hanya mengatakan, baik pemerintah maupun platform yang saat ini telah menjadi mitra bersama-sama dalam merealisasikan program Kartu Prakerja.

Selain itu, Panji pun menyebutkan, manajemen pelaksana juga membuka peluang bagi platform lain untuk bisa bekerja sama dengan pemerintah dalam program Kartu Prakerja.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X