Jumlah Peserta Kartu Prakerja Tahap I Tak Jadi 200.000 Orang, Ini Sebabnya

Kompas.com - 22/04/2020, 20:00 WIB
Kartu Prakerja prakerja.go.idKartu Prakerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memutuskan untuk meloloskan 168.111 orang sebagai peserta penerima program Kartu Prakerja.

Jumlah tersebut lebih sedikit dari target yang ditetapkan pekan lalu yang sebesar 200.000 peserta.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menjelaskan, peserta yang tidak lolos proses seleksi umumnya gagal pada tahap pemindaian wajah atau facial recognition.

Baca juga: Penerima Manfaat Kartu Prakerja Gelombang I Capai 168.111 Orang

"Yang 32.000 itu ada yang tidak bisa melewati threshold face recognition yang ditetapkan, yaitu kita gunakan sama seperti yang biasa digunkan lembaga keuangan," jelas Denni dalam video conference, Rabu (22/4/2020).

"Jadi tidak melulu karena fraud," ujar dia.

Denni pun mengatakan, beberapa alasan yang menyebabkan 32.000 peserta dalam tahap akhir verifikasi gagal lantaran pengambilan selfie atau foto wajah yang kurang tepat sehingga gambar yang diunggah blur, menggunakan kacamata, telinga yang tidak terlihat, hingga gambar yang diunggah terdapat bayang-bayang.

Selain itu juga disebabkan calon peserta mengambil selfie dengan menggunakan topi atau gambar selfie yang diunggah miring.

Baca juga: Penunjukkan 8 Mitra Kartu Prakerja Tuai Polemik, Ini Kata Pemerintah

Nantinya, peserta yang tak lolos tersebut bisa kembali mengikuti proses seleksi peserta Kartu Prakerja gelombang III dengan jalur khusus.

"Kami berharap batch III akan disediakan sebuah jalur agar supaya yang 30.000 ini bisa upload selfie yang baru, yang lebih benar, bagus, terang dan bergabung dalam batch III," ujar dia.

"Untuk batch II maaf kami belum bisa menyesuaikan prosedur user domain untuk peserta yang tidak lolos facial recognition untuk mengulang proses," jelas dia.

Sebagai informasi, sejak dibuka pada hingga pukul 16.17 WIB jumlah peserta yang sudah melakukan registrasi sebanyak 7.658.122 orang.

Dari peserta yang sudah melakukan registrasi itu, sebanyak 1.44.312 telah masuk joint batch kedua per jam 16.17 WIB tadi.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X