BI: Inflasi April 0,18 Persen, Bawang Merah Jadi Penyumbang Terbesar

Kompas.com - 29/04/2020, 12:00 WIB
Ilustrasi Bank Indonesia (BI). SHUTTERSTOCKIlustrasi Bank Indonesia (BI).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan Survei Pemantauan Harga Bank Indonesia (BI), inflasi pada April 2020 diperkirakan mencapai 0,18 persen secara bulanan (month to month/mtm). Angka tersebut membuat inflasi menjadi 2,78 persen secara tahunan (yoy).

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkap, inflasi 0,18 persen secara bulanan dan 2,78 persen secara tahunan relatif rendah dan terkendali. Inflasi pada April bahkan lebih rendah dibanding bulan-bulan sebelumnya.

"Inflasi tahunan di bulan Maret 2,96 persen, di bulan Februari 2,98 persen, dan berdasarkan survei inflasi April 2,78 persen. Alhamdulillah ini inflasi terkendali dan rendah," kata Perry dalam konferensi video, Rabu (29/4/2020).

Baca juga: Cara Membuka Rekening BNI Penerima Kartu Prakerja

Dilihat dari komoditas, ada beberapa komoditas yang menjadi penyumbang inflasi pada April. Komoditas penyumbang inflasi tersebut antara lain bawang merah 0,12 persen, emas perhiasan 0,09 persen, jeruk 0,05 persen, dan gula pasir 0,02 persen.

Sementara komoditas penyumbang deflasi antara lain cabai merah 0,11 persen dan daging ayam 0,08 persen.

"Ini menunjukkan Pak Presiden konsen memastikan bahan pokok di Ramadhan terpenuhi secara baik," ungkap Perry.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tertarik Beli Emas Batangan? Ini Harga Terbarunya di Pegadaian

Dia memperkirakan, inflasi akan rendah dan terkendali sepanjang tahun 2020 di bawah kisaran 3 persen plus minus 1 persen.

"Dan sesuai perkiraan kami, di bulan Ramadhan ini inflasi akan lebih rendah dari pola historis tahun-tahun sebelumnya. Dengan adanya PSBB di sejumlah wilayah menurunkan tingkat permintaan jadi bagian terkendalinya inflasi," pungkas Perry.

Baca juga: Jangan Lupa Kirim Foto Meteran Listrik PLN via WA, Begini Caranya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.