[POPULER MONEY] EKspor Lobster Dibuka | Masalah Penyaluran Bansos

Kompas.com - 09/05/2020, 07:00 WIB
Menteri KKP Edhy Prabowo Dok. KKPMenteri KKP Edhy Prabowo

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengizinkan lobster, setelah sebelumnya sempat dilarang oleh Susi Pudjiastuti.

Berita tersebut menjadi yang terpopuler sepanjang hari kemarin, Jumat (9/5/2020). Semetara itu berita lain yang juga terpopuler adalah tentang bansos. Berikut adalah daftar berita terpopuler selengkapnya:

1. Sah, Ekspor Benih Lobster Kini Diperbolehkan

Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Edhy Prabowo resmi mencabut larangan ekspor benih lobster era Susi Pudjiastuti.

Pencabutan aturan era Susi itu ditandai dengan peraturan menteri (Permen) yang baru, yakni Permen KP Nomor 12/Permen-KP/2020 Tentang Pengelolaan Lobster (Panulirus spp.), Kepiting (Scylla spp.), dan Rajungan (Portunus spp.), di Wilayah Negara Republik Indonesia. Aturan baru tersebut diundangkan di Jakarta pada tanggal 5 Mei 2020.

Dalam salinan Permen sesuai aslinya yang diakses dari laman resmi KKP, Jumat (8/5/2020), ekspor dan budidaya lobster dibolehkan dengan berbagai ketentuan. Selengkapnya silakan baca di sini.

2. Sri Mulyani Soal Bansos: Masalahnya Bukan di Anggaran...

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah telah menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19).

Bansos yang disalurkan dalam bentuk Program Keluarga Harapan (PKH) misalnya, realisasi penyaluran PKH telah mencapai Rp 16,56 triliun hingga 6 Mei 2020. Besaran tersebut termasuk untuk tambahan peserta PKH sebanyak 710.885 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan total nilai Rp 143,07 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu paket bantuan berupa sembako yang disalurkan melalui program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pemerintah telah menyalurkan untuk 15,2 juta KPM dari target 20 juta KPM. Selenkapnya silakan baca di sini.

3. Airy Rooms Gulung Tikar, Ini Penyebabnya

Startup hotel yang berafiliasi dengan Traveloka yaitu Airy Rooms menutup bisnisnya secara permanen diakibatkan oleh pandemi Covid-19.

Mengutip dari DealStreetAsia, Jumat (8/5/2020), Airy menghentikan operasi bisnisnya dalam waktu kurang dari sebulan dan telah memberitahukan para mitra propertinya untuk menghentikan kemitraan yang akan berlaku mulai tanggal 31 Mei 2020.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.