Menteri KKP Janjikan Lapangan Pekerjaan Baru untuk ABK RI dari Kapal China

Kompas.com - 09/05/2020, 03:34 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Periode 2019-2024, Edhy Prabowo Dok. KKPMenteri Kelautan dan Perikanan Periode 2019-2024, Edhy Prabowo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Edhy Prabowo menjanjikan lapangan kerja baru bagi Anak Buah Kapal (ABK) asal Indonesia yang bekerja di kapal China, Long Xing 627.

Hal itu diutarakan Edhy melalui sambungan telepon sesaat setelah 14 ABK Long Xing 629 tiba di Tanah Air usai melakukan perjalanan udara dari Korea Selatan selama 7 jam.

Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Zulficar Mochtar turut menyambut kedatangan para ABK di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Soal ABK, Anggota DPR Minta Pemerintah Bertindak Cepat dan Tegas

"Saya menyapa kalian intinya satu, saya berusaha menciptakan lapangan pekerjaan. Insya Allah lapangan pekerjaan sangat terbuka di sektor perikanan," tukas Edhy dalam keterangan resmi, Jumat (8/5/2020).

Sebelum menjanjikan lapangan pekerjaan, Edhy terlebih dahulu menanyakan kabar ke-14 ABK itu.

"Bagaimana kabarnya? Saya harap semuanya masih semangat ya. Saya turut berduka cita atas berpulangnya sahabat kalian," ujar Edhy mengawali obrolan.

Selanjutnya, 14 ABK Long Xing 629 akan menjalani karantina selama 14 hari sesuai protokol kesehatan Covid-19. Edhy meminta mereka untuk mematuhi prosedur yang ditetapkan pemerintah.

Baca juga: Perbudakan ABK, Ini Cara Susi Pudjiastuti Tangani Kasus Benjina

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X