Matahari Raup Penjualan Rp 8,7 Triliun Sepanjang 2019

Kompas.com - 12/05/2020, 13:11 WIB
Ilustrasi ritel ShutterstockIlustrasi ritel

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) melaporkan penjualan bersih sepanjang tahun 2019 sebesar Rp 8,7 triliun.

Sementara marjin laba bruto meningkat 441 basis poin dari tahun 2018 menjadi 18,3 persen pada tahun 2019.

"Kinerja mencerminkan progres peningkatan yang menghadirkan produk-produk segar dan memfokuskan kembali bisnisnya kepada konsumen ritel untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan dasar harian pelanggan yang berkelanjutan melalui berbagai ragam produk segar, groseri dan kebutuhan rumah tangga lainnya," ujar Director Corporate Secretary & Public Affairs Matahari Danny Konjongian dalam keterangan resmi, Selasa (12/5/2020).

Baca juga: Matahari Departement Store Tutup Sementara Seluruh Gerai di Indonesia

Danny menyebut, penjualan produk segar naik 4 persen dan berkontribusi 24 persen terhadap total penjualan.

Danny juga mengatakan, langkah-langkah efisiensi operasional yang telah dilaksanakan sejak akhir 2017 menghasilkan perbaikan substansial pada struktur biaya.

Biaya pemasaran dan umum serta administrasi pada tahun 2019 turun sebesar 14,3 persen (year on year) dengan penghematan Rp 299 miliar.

"Kami berkomitmen meninjau lebih lanjut dan menerapkan langkah-langkah operasional untuk meningkatkan profitabilitas," kata dia.

Baca juga: Rumahkan Karyawan, Matahari Jamin Tak Lakukan PHK dan Tetap Bayar Gaji

Perseroan, ujar Danny, juga fokus memprioritaskan peninjauan manajemen persediaan untuk menghadirkan penawaran produk yang paling tepat dan tentunya untuk mengurangi barang yang tidak produktif dengan perputaran lambat untuk memperoleh arus kas yang lebih baik.

"Melalui upaya ini membuat perseoran mampu mengurangi Out of Stock (OOS), sementara tingkat Perputaran Persediaan juga lebih baik menjadi 55 hari dari 58 hari di tahun sebelumnya," jelas dia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X