Lewat Surat ke Pengguna, CEO Tokopedia Jelaskan Soal Pencurian Data

Kompas.com - 12/05/2020, 15:06 WIB
 Co-Founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya saat mempresentasikan capaian Tokopedia selama 10 tahun dan dampaknya terhadap perekonomian di Indonesia. Tokopedia Co-Founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya saat mempresentasikan capaian Tokopedia selama 10 tahun dan dampaknya terhadap perekonomian di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengirim surat elektronik kepada para konsumennya untuk menjelaskan terkait permasalahan pencurian data yang terjadi di platformnya.

Sebelumnya,pada awal bulan Mei 2020 dikabarkan sekitar 91 juta data pengguna Tokopedia berhasil diretas oleh peretas. Data tersebut pun dijual secara bebas.

"Pada tanggal 2 Mei 2020 kami menyadari adanya pencurian data oleh pihak ketiga yang tidak berwenang terkait informasi pengguna Tokopedia," tulis William dalam suratnya, Selasa (12/5/2020).

Baca juga: Soal Kebocoran Data, KKI Gugat Menkominfo dan Tokopedia

"Selain pemberitahuan yang telah kami informasikan sebelumnya, kami ingin memberikan informasi terbaru terkait langkah-langkah yang telah kami ambil hingga saat ini untuk mengatasi kejadian tersebut," lanjut dia.

Dalam surat itu Wiliam juga menyebutkan, ada beberapa langkah yang dilakukan terkait kejadian tersebut.

Langkah itu antara lain memberikan informasi kepada seluruh pengguna Tokopedia, memulai proses investigasi dan menggandeng Menkominfo serta Badan Siber dan Sandi Negara untuk melakukan investigad mendalam.

Tak lupa William juga memberikan saran kepada penggunanya untuk selalu memastikan keamanan akun Tokopedia.

Baca juga: Respons Masalah Tokopedia, Menkominfo Janji akan Jaga Perekonomian Digital

Caranya dengan mengganti kata sandi akun Tokopedia secara berkala, tidak menggunakan sandi yang sama di platform digital dan menjaga kode One Time Password (OTP).

"Kami memahami bahwa kejadian ini menimbulkan ketidaknyamanan pada seluruh pengguna. Maka dari itu kami ingin mengucapkan terimakasih kepada seluruh pengguna Tokopedia atas dukungan Anda yang tiada henti kepada kami di tengah tantangan kali ini," tutup William dalam surat tersebut.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X