Startup Perikanan Galang Dana untuk Pembudidaya Ikan, UMKM, dan Tenaga Medis

Kompas.com - 12/05/2020, 19:05 WIB
Ilustrasi Startup SHUTTERSTOCKIlustrasi Startup

JAKARTA, KOMPAS.com - Mewabahnya virus corona atau Covid-19 di Indonesia sejak awal Maret lalu telah berdampak ke berbagai sektor ekonomi. Pagebluk ini juga membuat industri perikanan mengalami penurunan.

Beberapa rantai distribusi di sektor ini harus terputus. Mulai dari hulu, para pembudidaya ikan mengalami kesulitan untuk menjual ikannya karena permintaan drastis menurun.

Kalaupun ada permintaan, harga yang ada di pasaran menurun tajam. Di sisi hilir, hotel, restoran, kafe, hingga usaha katering rumahan juga merasakan dampak yang tak kalah besar, bahkan nyaris bangkrut.

Baca juga: Atasi Corona, Patungan Startup yang Diinisiasi East Venture Berhasil Kumpulkan Rp 10 Miliar

Selain itu, wabah ini juga memiliki efek domino yang sangat dahsyat. Beberapa restoran harus memberhentikan para karyawannya karena tak ada lagi pesanan makanan.

Apalagi, masyarakat umum harus memiliki nutrisi yang baik untuk menjaga imunitas tubuh di tengah pandemik ini.

Untuk itu, perusahaan rintisan atau startup yang bergerak di sektor perikanan, eFishery bekerjasama dengan startup kuliner (Caterin.id) untuk melakukan penggalangan dana di KitaBisa selama dua minggu.

"Hal ini menjadi salah satu wujud usaha eFishery untuk turut berkontribusi menyelesaikan masalah para mitra pembudidaya sekaligus membantu UMKM kuliner dan masyarakat luas dalam pemenuhan gizi seimbang," kata CEO eFishery Gibran Huzaifa dalam keterangannya, Selasa (12/5/2020).

Baca juga: Ada Dua Startup Unicorn Tolak Jadi Mitra Kartu Prakerja

Gibran mengatakan, gerakan ini adalah upaya untuk terus menggerakan usaha budi daya dan bisnis rumahan sekaligus, agar kegiatan usaha tidak terhenti.

Selain itu, gerakan ini juga bertujuan untuk membantu masyarakat terdampak mendapatkan makanan dengan gizi baik. Harapannya, hal kecil yang dilakukan ini dapat memberikan senyum bagi semuanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X