Sebanyak 34.300 Pekerja Migran Akan Kembali ke Indonesia hingga Juni 2020

Kompas.com - 15/05/2020, 22:30 WIB
Pemulangan 335 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Sri Lanka dan Maladewa ke Tanah Air, pada Jumat (24/4/2020). Dok. KBRI ColomboPemulangan 335 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Sri Lanka dan Maladewa ke Tanah Air, pada Jumat (24/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani menyebut, pada Juni 2020 bakal ada 34.300 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan kembali ke Tanah Air. Hal ini berdasarkan data kontrak kerja PMI tersebut.

"Proyeksi kepulangan PMI berdasarkan kontrak kerja yang berakhir di bulan Mei hingga Juni 2020, data ini by name, by address, dan asal penempatan kerja mereka adalah sebesar 34.300 pekerja," ujarnya melalui konferensi pers virtual, Jakarta, Jumat (15/5/2020).

Menurut Benny, dari 34.300 pekerja migran yang akan kembali ke Indonesia, mayoritas bekerja di Malaysia sebanyak 13.074 orang.

Baca juga: Sah, Sri Mulyani Bakal Pajaki Amazon hingga Netflix mulai 1 Juli

"Kalau kita lihat pendekatannya, asal daerah PMI yang akan kembali Mei-Juni, mereka berasal dari 32 provinsi. Daerah terbesar di tempati Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, NTT, Sumatera Utara dan Lampung," kata dia.

Benny menjelaskan, pemulangan PMI tersebut akan melalui protokol kesehatan yang ketat dan berlapis. Bila dinyatakan negatif Covid-19, PMI dibolehkan kembali ke kampung halaman.

Ia mengatakan, untuk kembali ke kampung halaman, para pekerja migran harus mengantongi surat dari Kepolisian yang bekerja sama dengan BP2MI.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun bila PMI dinyatakan positif Covid-19, maka pemulangan ke kampung halamannya akan ditunda.

"Jika dinyatakan positif maka Gugus Tugas mengambil alih mereka-mereka (PMI) yang positif untuk dilakukan karantina di rumah sakit terdekat," ucapnya.

Baca juga: Kepala BP2MI Nyatakan Perang Lawan Komplotan Pengiriman Pekerja Migran Ilegal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.