Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rugi Rp 9,8 Triliun, Pengelola Berharap Mal Bisa Buka Kembali

Kompas.com - 28/05/2020, 08:39 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat dari pandemi Covid-19 yang mewabah membuat sejumlah mal di Indonesia terpaksa harus ditutup. Efeknya, tidak sedikit para pengusaha mal mengalami kerugian.

Pengelola mal pun berharap pemerintah memberikan izin pihaknya untuk beroperasi kembali.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan mengatakan, akibat ditutupnya mal selama dua bulan tersebut pihaknya mengalami kerugian sekitar Rp 9,8 triliun.

"Kita sudah hitung-hitung selama 2 bulan ini pusat belanja kira-kira rugi Rp 9,8 triliun dan dalam satu bulannya kira-kira mencapai Rp 4,9 triliun," ujarnya dalam bincang-bincang secara virtual, Rabu (27/5/2020).

Baca juga: Asosiasi Pengelola Pusat Belanja: Gubernur Tak Beri izin, Mana Bisa Kami Buka Mal

Ia menyebutkan, total kerugian tersebut mencakup seluruh mal yang ada di Indonesia.

Oleh karena itu sebut Stefanus, akan sangat membantu bila pemerintah daerah (Pemda) memperbolehkan mal  buka selama PSBB.  Karena dengan boleh beroperasinya mal, maka keuangan berbagai pihak yang terkait mulai dari para pengelola, tenant, hinggapara pegawai akan terbantu.

Menurut dia, pengelola mal saat ini sedang membahas Standard Operating Procedure (SOP) dasar bila mal kembali beroperasi.

SOP tersebut mulai menyediakan pengukuran suhu tubuh di berbagai pintu masuk karyawan dan pengunjung, pengunjung dan karyawan wajib memakai masker, menyediakan hand sanitizer di beberapa lokasi, serta mengontrol agar tidak adanya pengunjung yang berkumpul di satu tempat dan selalu menjaga jarak secara fisik (physical distancing).

"Bukan hanya pihak mal saja yang melakukan SOP ini tapi pihak penyewa ataupun tenant juga harus mengikuti SOP yang ada," jelasnya.

Baca juga: Soal Mal Buka 5 Juni, Ini Kata Menko Airlangga


Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com