Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Donasi, Nestle Dukung CEPI Kembangkan Vaksin Covid-19

Kompas.com - 28/05/2020, 07:11 WIB
Farhanah,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

?

KOMPAS.com -? Nestle memberikan donasi sebesar 1 juta CHF (Swiss franc) pada Koalisi untuk Inovasi Persiapan Epidemi (CEPI).

Donasi itu diberikan sebagai dukungan pada CEPI untuk mempercepat pengembangan vaksin Covid-19.

CEPI merupakan sebuah kemitraan global inovatif antara organisasi pemerintah, swasta, filantropi, serta masyarakat sipil yang diluncurkan pada 2017.

CEPI memang diinisiasi untuk mengembangkan vaksin yang dapat menghentikan epidemi di masa depan. Saat ini, CEPI tengah bekerja dengan cepat dan bersama-sama dengan ambisi untuk mengembangkan vaksin Covid-19 yang aman, efektif, dan dapat diakses secara global dalam jangka waktu 12-18 bulan.

Organisasi tersebut telah mengumpulkan lebih dari 1 miliar dollar AS dari berbagai sumber seperti pemerintah, donor swasta, dan perorangan di seluruh dunia.

Akan tetapi, mereka masih membutuhkan dana lebih untuk mencapai target sebesar 2 miliar dollar AS untuk memastikan upaya CEPI dalam mempercepat pengembangan vaksin Covid-19 dapat berjalan sesuai rencana.

“Pandemi Covid-19 telah menimbulkan kesulitan bagi masyarakat di seluruh dunia. Vaksin yang aman dan efektif diperlukan agar (kehidupan) kembali normal. Inilah alasan mengapa kami memutuskan untuk bergabung ketika CEPI mengumumkan (apa target mereka). Kami berharap orang lain akan bergabung dengan kami dan mendukung misi penting itu,” ujar CEO Nestle Mark Schneider melalui rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (27/5/2020).

Di saat yang sama, CEO CEPI Dr Richard Hatchett mengatakan bahwa saat ini dibutuhkan upaya monumental untuk mengatasi virus tersebut.

“Tetapi melalui kerja sama global dan kontribusi keuangan untuk menanggapi pandemi Covid-19, para pebisnis dapat berkontribusi pada penyelesaian pandemi ini," ujar Dr Richard Hatchett.

Dalam kesempatan itu, ia juga berterima ksih pada Nestle yang telah ikut memberi dukungan pada CEPI.

“Pada momentum yang sangat penting ini, kami meminta bantuan pebisnis lain untuk mengikuti inisiatif Nestle dan memberikan dukungan vital yang diperlukan untuk mengembalikan kehidupan sosial dan ekonomi kita seperti sedia kala,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com