Singapura Buka Kembali Perekonomian Mulai Bulan ini

Kompas.com - 01/06/2020, 16:05 WIB
Ilustrasi patung Merlion di Singapura. Dok. Shutterstock/BouleIlustrasi patung Merlion di Singapura.

SINGAPURA, KOMPAS.com - Singapura akan kembali membuka mayoritas roda perekonomian bulan Juni ini. Bahkan, rencananya 80 persen sektor perekonomian akan mulai dibuka kembali setelah sempat ditutup sejak awal April lalu.

"Pada tahap pertama, kita akan kembali membuka 80 persen sektor perekonomian. Sektor F&B (food and beverage) akan menjadi yang terakhir dibuka, harapannya akan dapat dibuka kembali pada akhir Juni," ujar Menteri Perdagangan Singapura, Chan Chun Sing, dikutip dari CNBC, Senin (1/6/2020).

Pada tahap pertama pembukaan kembali perekonomian, sebagian pekerja akan diperbolehkan kembali untuk beraktifitas di kantor. Meski demikian, kegiatan bisnis masih didorong untuk dilakukan dari rumah selagi memungkinkan.

Baca juga: Singapura Keluarkan Stimulus Rp 338 Triliun untuk Lindungi Lapangan Kerja

Selain itu, Sekolah juga akan mulai kembali dibuka. Nantinya para pelajar masih akan belajar dari rumah untuk beberapa hari tertentu.

Dalam rangka pembukaan perekonomian yang aman dan berkelanjutan, Chan memastikan pihaknya telah berkoordinasi dengan pengusaha dan pekerja terkait protokol-protokol yang perlu dilakukan selama beraktifitas.

Nantinya, Pemerintah Singapura akan melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan tahap pertama pembukaan perekonomian.

Apabila tingkat penyebaran Covid-19 masih tetap rendah, maka Negara Singa tersebut akan melanjutkan pembukaan perekonomian ke tahap kedua.

Baca juga: Berkat Ventilator, Harta Orang Terkaya Singapura Naik Rp 15,5 Triliun Per Bulan

Sebagai informasi, mayoritas penggerak roda perekonomian Singapura sudah mulai ditutup sejak awal April kemarin. Hal tersebut dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 yang sangat cepat.

Pasalnya, Singapura menjadi salah satu negara dengan tingkat sebaran tertinggi, dimana sampai saat ini jumlah pasien positif Covid-19 mencapai lebih dari 34.800 orang.



Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X