KILAS

Peringati Hari Lahir Pancasila di Tengah Covid-19, Mentan: Saatnya Berbuat untuk Bangsa Negara

Kompas.com - 01/06/2020, 15:00 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo, saat menggelar Upacara Hari Kelahiran Pancasila secara virtual, Senin (1/6/2020). DOK. Humas Kementerian PertanianMentan Syahrul Yasin Limpo, saat menggelar Upacara Hari Kelahiran Pancasila secara virtual, Senin (1/6/2020).

KOMPAS.com – Untuk memperingati Hari Lahir Pancasila, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menggelar Upacara Hari Kelahiran Pancasila secara virtual, Senin (1/6/2020).

Pada kesempatan tersebut, Syahrul mengatakan bahwa pertanian merupakan faktor penentu dalam melewati dinamika-dinamika yang dihadirkan Covid-19.

Maka dari itu, Syahrul mengajak semua pihak untuk berjuang menghadapi tantangan-tantangan baru yang bermunculan.

"Saatnya kita semua berbuat untuk bangsa dan negara,” kata Mentan di Agriculture War Room Kanpus Kementerian Pertanian (Kementan) dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Jaga Stabilitas Pangan, Kementan Terus Optimalisasi Lahan Rawa

Syahrul pun mengatakan, terdapat beberapa hal penting yang perlu dipedomani jajarannya.

“Pertama, bagaimana program yang sudah direncanakan dapat diintensifkan. Kedua, tingkatkan koordinasi kelembagaan dan kawal implementasinya hingga kelembagaan dan personal taninya,” kata Mentan.

Koordinasi kelembagaan yang ia maksud adalah memastikan program dan kebijakan yang dibuat pemerintah dapat menyentuh level petani secara personal.

Untuk mencapai titik tersebut, Kementan perlu menggandeng pemerintah daerah pada tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Baca juga: Kurangi Gagal Panen, Kementan Terus Galakkan Program Asuransi Pertanian

“Hal penting lainnya adalah kehati-hatian dalam masalah administrasi. Pastikan tidak ada pelanggaran di situ. Kemudian, bangun pendekatan dan kemitraan yang kuat,” kata Syahrul.

Dalam membenahi beragam persoalan di sektor pertanian, Kementan tidak mungkin bergerak sendiri. Syahrul pun mengajak semua peserta menjadikan momentum Hari Lahir Pancasila untuk meningkatkan gotong royong.

“Bagaimana kita memperkokoh rasa kenegaraan dengan menghidupkan nilai-nilai Pancasila dalam relung kehidupan,” kata Syahrul.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X