Kompas.com - 05/06/2020, 11:39 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melakukan diskusi virtual bersama tim Dana Indonesia, di Jakarta, Kamis (4/6/2020). Dokumentasi Humas Kemenko Kemaritiman dan InvestasiMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melakukan diskusi virtual bersama tim Dana Indonesia, di Jakarta, Kamis (4/6/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, di era digital seperti saat ini, generasi muda harus berkreasi dan menciptakan sesuatu yang dapat dibanggakan. 

“Kalian para anak muda harus ada kreasi, ciptakan kreasi. Jadi jangan hanya jadi sekrup, tetapi kalian harus menciptakan tempat untuk sekrup tersebut, kalian mengatur sedemikian rupa sekrup-sekrup tersebut, sehingga tercipta sesuatu yang hebat,” ujarnya ketika melakukan diskusi virtual bersama tim DANA Indonesia, Jumat (5/6/2020).

Terkait pemulihan ekonomi, Luhut menyatakan dukungan pemerintah untuk sektor ekonomi kreatif dan pariwisata. Selain itu juga adanya peran dompet digital untuk distribusi logistik bagi masyarakat. 

“Platform penjualan online menjadi solusi karena mampu bertahan di tengah pandemi, namun banyak juga UMKM yang belum melek online. Oleh karenanya, kini saatnya kita bergotong royong merangkul UMKM. Kemudian, salah satu tantangan pemerintah, ialah jalur distribusi logistik, dompet digital akan sangat dipertimbangkan,” tuturnya.

Luhut pun menjelaskan berbagai isu terkini yang mengemuka, termasuk menjabarkan berbagai upaya dan kerja total pemerintah dalam melakukan pengendalian dan pemulihan ekonomi dampak dari pandemi virus corona (Covid-19).

“Pola hidup kita harus berubah menjadi lebih sehat dan bersih. Pemerintah telah menetapkan regulasi untuk mengubah perilaku masyarakat untuk meningkatkan ketahanan kesehatan. Budaya memakai masker, jaga jarak, dan lebih sering mencuci tangan akan menjadi kebiasaan baru masyarakat kita,” katanya.

Mantan perwira TNI ini berpesan bahwa kerja sama antara pemerintah dan masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan sangat diperlukan. Dan peran anak-anak muda kreatif untuk turut mengkampanyekan hal tersebut kepada masyarakat juga sangat penting. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Itu penting untuk mengurangi kasus baru Covid-19. Untuk pemulihan ekonomi, pemerintah juga telah melakukan langkah-langkah, agar semua kementerian/lembaga meningkatkan pembelian produk ekonomi kreatif, baik via e-commerce atau e-catalogue LKPP, sejalan dengan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia," ujarnya.

Selain itu, lanjut Luhut, dapat meningkatkan porsi penerimaan negara dari wisatawan domestik dan asing. Tetapi, tetap mengutamakan protokol keamanan dan keselamatan dan mencakup aspek kebersihan dan kesehatan di destinasi wisata.

"Asal jujur, bekerja keras, kerja dengan hati, berbuat baik dengan semua orang tanpa ada batasan SARA, saya yakin bisa melewati segala tantangan,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.