Baznas Dapat Penghargaan Tata Kelola Internasional

Kompas.com - 09/06/2020, 14:06 WIB
Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bambang Sudibyo KOMPAS.com/JESSI CARINA Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bambang Sudibyo

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas) meraih penghargaan Global Good Governance SDGs Champion Award 2020.

Penghargaan ini merupakan penghargaan berskala internasional dari Cambridge International Financial Advisory (IFA) untuk lembaga yang memiliki tata kelola yang baik dan komitmen pada kesejahteraan sosial.

Dalam 3G SDGs Champion Award 2020, BAZNAS memenangkan kategori Sustainable Development Goals (SDGs) untuk keberhasilan mewujudkan tujuan pembangunan global yang berkelanjutan.

Baca juga: BAZNAS Salurkan Infak Biaya Asuransi untuk 17.000 Relawan Gugus Tugas Covid-19

Ketua Baznas Bambang Sudibyo menjelaskan, prestasi ini dapat diraih melalui program-program yang dirancang Baznas.

"Sebagai lembaga zakat, BAZNAS memberikan beragam program dan kegiatan terutama untuk membantu mereka yang terkena dampak krisis pandemi Covid-19. Kami mendistribusikan paket logistik keluarga, Alat Pelindung Diri untuk tim medis, program ketahanan pangan, dan juga program lainnya,” kata Bambang dalam keterangan tertulis, Selasa (9/6/2020).

Bambang menjelaskan, program dan kegiatan untuk membantu masyarakat yang terdampak krisis Covid-19 tentunya juga tetap sesuai dengan basis program-program SDGs baik itu yang dijalankan oleh BAZNAS Provinsi, Baznas Kabupaten atau Kota dan LAZ di seluruh Indonesia.

Secara terpisah, Direktur Utama Baznas M Arifin Purwakananta mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi kepada kinerja Amil dan Amilat BAZNAS di seluruh lini.

Baca juga: Cegah Corona, Baznas Semprot Disinfektan di Stasiun Tanah Abang

Ini juga merupakan penghargaan atas berbagai upaya BAZNAS dan LAZ di seluruh Indonesia dalam berkomitmen meningkatkan kualitas hidup orang orang kurang beruntung melalui pengelolaan zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya.

“Saya berharap penghargaan ini juga dapat mendorong syiar zakat yang lebih luas ke tengah masyarakat dunia, akan peran pentingnya konsepsi zakat digali dan diterapkan sehingga menjadi jawaban atas berbagai persoalan kemiskinan dan tantangan keberlanjutan ummat manusia,” jelas Arifin.

Berkaitan dengan program SDG’s, sebelumnya pada tahun 2019, BAZNAS juga menerima penghargaan Padmamitra Award 2019 dari Pemerintah Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta bersama Forum CSR DKI.

Penghargaan ini diberikan kepada organisasi profit maupun non profit yang telah berkontribusi terhadap kesejahteraan sosial dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X