Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BAZNAS Salurkan Infak Biaya Asuransi untuk 17.000 Relawan Gugus Tugas Covid-19

Kompas.com - 08/04/2020, 21:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyalurkan bantuan biaya premi asuransi jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian BPJamsostek.

Bantuan ini untuk 17.000 relawan Gugus Tugas Covid-19. Para relawan tersebut terdiri dari relawan medis dan relawan non medis.

Kepala Divisi Pendistribusian BAZNAS Ahmad Fikri mengatakan, profesi relawan dalam percepatan penanggulangan Covid-19 tidak mudah dan cukup berisiko.

Baca juga: Cegah Corona, Baznas Semprot Disinfektan di Stasiun Tanah Abang

Untuk itu dibutuhkan perlindungan terkait dengan tugas para relawan yang dengan sukarela berjuang untuk masyarakat menghadapi pandemi ini.

“Bantuan biaya premi asuransi ini adalah bentuk dukungan BAZNAS untuk Relawan Gugus Tugas Covid-19. Mereka yang terdaftar akan otomatis untuk mendapatkan asuransi ini," kata Fikri dalam keterangannya, Rabu (8/4/2020).

"Dengan perlindungan asuransi, diharapkan para relawan tidak akan terbebani dalam menjalankan tugasnya sebagai bagian dari ujung tombak penanganan Covid-19,” jelas Fikri.

Sementara itu, Direktur Utama BAZNAS M Arifin Purwakananta mengatakan program ini bagian dari kontribusi BAZNAS dalam melindungi para relawan yang terdata dan bertugas selama penanganan krisis Covid-19.

"Terdapat dua program bantuan yang diberikan BAZNAS, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Semoga ini dapat maksimal melindungi para relawan," ujar Arifin.

Baca juga: Erick Thohir Buka Lowongan Relawan untuk Perangi Corona, Minat?

Ia mengatakan, BAZNAS akan terus berkoordinasi dengan tim Gugus Tugas dalam upaya membantu pemerintah dalam percepatan penanggulangan Covid-19. BAZNAS, imbuhnya, juga siap bersinergi dengan para relawan dalam menjalankan aksi pencegahan penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Koordinator Relawan Gugus Tugas Andre Rahadian menyampaikan apresiasinya atas bantuan asuransi yang diberikan oleh BAZNAS.

“Para relawan juga akan dilindungi oleh asuransi melalui BPJamsostek dimana preminya merupakan bantuan dari BAZNAS yang menyalurkan infak dari masyarakat Indonesia. Kami sangat terbantu BAZNAS dapat memfasilitasi kebutuhan asuransi yang sangat penting untuk relawan,” tutur Andrem

Bantuan infak biaya asuransi ini merupakan hasil dari penggalangan dana yang dilakukan oleh BAZNAS bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) yang telah terjalin sebelumnya, dalam upaya membantu perlindungan bagi para pekerja rentan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com