Petrokimia Gresik Jamin Stok Pupuk untuk Petani Terjaga

Kompas.com - 16/06/2020, 22:03 WIB
Pupuk NPS produksi PT Petrokimia Gresik saat hendak diekspor ke India. Dok. Petrokimia GresikPupuk NPS produksi PT Petrokimia Gresik saat hendak diekspor ke India.

GRESIK, KOMPAS.com- Petrokimia Gresik menjamin kesediaan pupuk untuk petani, meski sebelumnya perseroan telah mengekspor 50.000 ton pupuk NPS ke India beberapa waktu lalu.

Direktur Permasaran Petrokimia Gresik Digna Jatiningsih menuturkan ekspor dilakukan setelah perusahaan memenuhi kebutuhan pupuk bersubsidi domestik sesuai alokasi pemerintah.

"Petani dalam negeri tidak perlu khawatir, kami tetap menjalankan kewajiban penyaluran pupuk bersubsidi sesuai alokasi pemerintah, dan menyediakan juga pupuk non subsidi untuk kebutuhan yang tidak teralokasi pada skema subsidi,” kata Digna Jatiningsih dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (16/6/2020).

Baca juga: Petrokimia Gresik: Stok Pupuk Bersubsidi 2 Kali Lipat dari Ketentuan

Digna menjelaskan, ekspor pupuk NPS menambah capaian penjualan pupuk Petrokimia Gresik di luar negeri pada tahun ini.

Hingga semester pertama 2020 ini, pihaknya telah mengekspor pupuk sebanyak 253.000 ton. Terdiri atas pupuk jenis NPS 175.000 ton dan Urea 78.000 ton, yang diekspor ke India dan Meksiko.

“Capaian ini sudah 58 persen dari target ekspor perusahaan. Di mana pada tahun ini, kami menargetkan ekspor pupuk ZK, NPK, NPS dan Urea sebanyak 435.000 ton atau meningkat 10 persen dari realisasi tahun 2019," ujar Digna.

Digna mengatakan, aktivitas ekspor tersebut merupakan bentuk kontribusi perusahaan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Terutama peningkatan kinerja ekspor nasional, agar neraca perdagangan tetap surplus.

"Selain itu juga untuk menyumbang devisa, sekaligus mendorong penguatan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat," ucap dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X