Cegah Karhutla, Minamas Plantation Gandeng Universitas Tanjungpura

Kompas.com - 01/07/2020, 10:33 WIB
Ilustrasi: Perkebunan Minamas dok MinamasIlustrasi: Perkebunan Minamas

JAKARTA, KOMPAS.comMinamas Plantation menggandeng Universitas Tanjungpura menggelar seminar virtual dalam rangka mencegah kebakaran hutan dan lahan.

CEO Minamas Plantation, Shamsuddin Muhammad juga mengatakan perseroan telah menerapkan Zero Burning Policy secara ketat di seluruh area operasional perusahaan.

Selain itu, perusahaan juga melaksanakan inisiatif lainnya meliputi pencegahan dan penanganan karhutla.

"Di bidang pencegahan, kami membangun inisiatif berbasis masyarakat, seperti pembentukan Masyarakat Peduli Api, program Desa Mandiri Cegah Api (DMCA), Guru Peduli Api dan berbagai inisiatif lainnya," ujarnya dalam eterangan pers, Rabu (1/7/2020).

Baca juga: Layani Pasar Kalimantan, Minamas Plantation Luncurkan Minyak Goreng Merek Alif

Shamsuddin berharap kerjasama ini bisa membantu perusahaan mempersiapkan diri menghadapi bahaya karhutla melalui program DMCA di tengah pandemi.

Sementara itu, Rektor Universitas Tanjungpura, Garuda Wiko menuturkan kerjasama yang dijalin dengan Minamas Plantation dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di sekitar kebun dan berbagi pengalaman tentang best practices dalam sustainable agricultural management tanpa membakar lahan.

"Seperti program-program yang telah dilakukan oleh Minamas Plantation sebelumnya, kami berharap program DMCA ini dapat terlaksana dengan adanya pedoman yang dapat diimplementasikan di lapangan," jelasnya.

Hingga saat ini Minamas Plantation terus memantau situasi yang berlangsung di seluruh lokasi perusahaan dengan seksama.

Pemantauan dilakukan setiap hari melalui sistem Plantation Location Intelligent Universal Management (PLATINUM) dengan menggunakan data dari satelit pada titik panas di peta area konsesi untuk dapat mendeteksinya dengan cepat.

Seluruh titik api yang terdeteksi akan segera dilaporkan kepada pihak berwenang dan prosedur yang sama juga diterapkan dalam standar operasional perusahaan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X