Toba Pulp Gandeng USU, Olah Daun Eucalyptus menjadi Hand Sanitizer

Kompas.com - 06/07/2020, 18:44 WIB
Ilustrasi eucalyptus SHUTTERSTOCK/J.CHIZHEIlustrasi eucalyptus

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toba Pulp Lestari Tbk berkolaborasi dengan Universitas Sumatera Utara (USU) pemanfaatan daun Eucalyptus menjadi hand sanitizer.

“Di tahap ini, kerja sama antara Universitas Sumatera Utara dan Toba Pulp Lestari bisa menjadi langkah awal produksi hand sanitizer masuk ke level komersial,” kata Direktur PT Toba Pulp Lestari Tbk Jusuf Wibisono melalui keterangan tertulis diterima Kompas.com, Senin (6/7/2020).

Daun yang dimanfaatkan untuk bahan hand sanitizer tersebut diambil dari pohon-pohon eucalyptus yang tumbuh di area konsensi Toba Pulp Lestari. Selama ini, daun-daun tersebut dibiarkan jatuh ke tanah dan menjadi humus atau pupuk organik. 

Baca juga: Kementan Bakal Gandeng UI untuk Uji Klinis Produk Eucalyptus

Penelitian menunjukkan, hand sanitizer yang disiapkan sebagai antivirus itu terdiri dua jenis Eucalyptus, yakni Citridora dan Globulus yang saat ini sedang diujicoba ditanam di lahan konsesi. Tanaman tersebut juga menjadi bahan baku essential oil.

Sementara itu, anggota Pusat Kajian IPTEKs Minyak Atsiri Eucalyptus Universitas Sumatera Utara Muhammad Taufik mengatakan, bahan utama hand sanitizer yang dibuat dari minyak atsiri Eucalyptus diteliti dengan  analisis kimia di laboratorium.

"Bahan baku dari limbah daun yang tidak digunakan oleh Toba Pulp Lestari ternyata bermanfaat banyak. Mulai dari minyak atsiri yang sudah berhasil dicoba, dan saat ini diolah menjadi hand sanitizer yang sedang dalam tahap pengujian," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) mengklaim produk berbasis bahan eucalyptus dianggap mampu menjadi anti virus corona (Covid-19).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan produk ini telah melalui uji lab peneliti pertanian terhadap virus influenza, beta dan gamma corona. Diklaim, hasil uji lab eucalyptus ini mampu membunuh 80-100 persen virus.

Baca juga: Dipercaya Jadi Antivirus Corona, Permintaan Eucalyptus dari Pemda Melonjak

Toba Pulp Lestari merupakan perusahaan pembuat bubur kertas (pulp). Hingga saat ini luasan lahan konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) yang dimiliki perseroan seluas 184.000 hektare.

Dari jumlah itu, lahan yang dialokasikan untuk keperluan produksi kayu seluas 75.000 hektare atau kurang dari 50 persen dari keseluruhan lahan konsesi. Adapun sisanya dipertahankan sebagai kawasan lindung dan konservasi serta dimanfaatkan sebagai area Tanaman Kehidupan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.