Berapa Harga Sapi 1 Ton yang Dibeli Jokowi untuk Kurban?

Kompas.com - 08/07/2020, 07:41 WIB
Sapi sumbangan dari Presiden Jokowi Dok. Biro Kesra Pemprov SulutSapi sumbangan dari Presiden Jokowi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi rutinitas setiap tahun, Presiden Joko Widodo ( Jokowi), selalu membeli sapi untuk dijadikan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha. Sapi yang dibeli orang nomor satu di Indonesia biasanya memiliki bobot yang besar.

Di Idul Adha 1441 Hijriah, Jokowi membeli sapi seberat 1 ton dari seorang peternak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul Joko Waluyo, mengatakan sapi yang dibeli Jokowi dari peternak dihargai Rp 90 juta.

"Jadi sapi yang dicari di DIY kemarin ada lima titik, Bantul tiga dan Sleman dua, yang lolos seleksi dari yang Sedayu. Harga sapi sebesar Rp 90 juta dengan berat badan kurang lebih satu ton," kata Joko dikutip dari Antara, Rabu (8/7/2020).

Baca juga: Berapa Harta Kekayaan Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri?

Menurut dia, tiga sapi milik peternak di Bantul yang diseleksi itu berada di Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kecamatan Pajangan, dan Desa Wonokromo, Kecamatan Pleret.

"Setelah dicek oleh teman-teman Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta yang lolos satu, di Sedayu. Sudah clear, tapi mau dipotong di mana kami tidak tahu, yang jelas Presiden Jokowi sudah membeli sapi dari Bantul satu ekor," kata dia.

Menurut dia, peternak di Sedayu yang beruntung terpilih untuk menjual sapi kepada Presiden tersebut adalah Rika di Dusun Karangasem, Desa Argomulyo. Jenis sapi yang dibeli adalah simmental dengan berat sekitar satu ton.

Joko mengatakan, sebelum terpilih oleh Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta, di wilayah DIY ada lima sapi peternak yang diajukan, selain tiga dari Bantul tersebut, dua ekor sapi dari Kabupaten Sleman.

Baca juga: Jadi Juragan Tanah di Solo, Ini Deretan Properti Milik Presiden Jokowi

 



Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X