Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juni 2020, Jumlah Agen Pegadaian Naik 34,68 Persen

Kompas.com - 11/07/2020, 13:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pegadaian (Persero) mencatat jumlah agen hingga Juni 2020 sebanyak 25.435 atau tumbuh signifikan sebesar 34,68 persen dibandingkan periode yang sama pada Juni 2019 sebanyak 18.885 agen.

Dengan pertumbuhan jumlah agen tersebut, masyarakat semakin mudah mengakses produk dan layanan Pegadaian. Pertumbuhan jumlah agen pegadaian yang signifikan tersebut menjadi salah satu fondasi Pegadaian meraih kinerja yang berkelanjutan.

"Pegadaian telah memiliki fondasi yang kuat dalam menjaga sustainibilitas kinerja perusahaan, salah satunya dengan terus meningkatkan jumlah agen Pegadaian. Sekarang kami memiliki sebanyak 25.435 agen terdaftar dimana 10.385 di antaranya aktif yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto di Jakarta, seperti dikutip dari Antaranews, Sabtu (11/7/2020).

Baca juga: Pegadaian Beri Keringanan Bunga 0 Persen, Simak Ini Syaratnya

Kuswiyoto menjelaskan sejumlah strategi dilakukan Pegadaian untuk memacu jumlah agen yang menjadi perpanjangan tangan perseroan dalam memasarkan produk dan layanan.

Keagenan ini merupakan program ekspansi bisnis selain mengoptimalkan 4.113 outlet yang telah dimiliki perseroan.

Kuswiyoto menyatakan bahwa sebelumnya agen Pegadaian merupakan perorangan yang telah melakukan kerja sama dan menjadi perpanjangan tangan perseroan untuk memberikan layanan produk-produk perusahaan.

Pegadaian mendukung para agen tersebut dengan penggunaan teknologi informasi, sesuai perjanjian yang telah disepakati.

Mulai Juli 2020, Pegadaian merilis layanan terbaru yakni agen komunitas dan agen prioritas dengan segmen pasar menengah ke bawah (mass market) hingga kelas atas (high net worth) yang mengedepankan kemudahan dan kecepatan layanan karena menggunakan sistem referal.

Baca juga: Pegadaian Siap Perluas Akses Pendanaan untuk Nelayan

Menurut Kuswiyoto, agen komunitas nantinya akan melakukan kegiatan pemasaran pada anggota komunitas pada segmentasi golongan umum. Produk yang dilayani oleh agen komunitas adalah gadai (KCA), gadai sistem angsuran (Krasida), pembiayaan usaha mikro (Kreasi), pembiayaan kendaraan bermotor (Amanah) dan pembiayaan ibadah haji (Arrum haji).

"Agen komunitas ini nantinya harus melakukan kegiatan rutin dalam bentuk perkumpulan dengan anggota komunitas, serta komunikasi yang kuat pada komunitasnya," kata dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com