Rupiah Dibuka Menguat Pagi Ini

Kompas.com - 30/09/2020, 09:44 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang di transaksikan di pasar spot menguat pada Rabu (30/9/2020) pagi.

Melansir Bloomberg, pukul 09.14 WIB, rupiah dibuka pada level Rp 14.858 per dollar AS, atau menguat 36 poin (0,25 persen) dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.894 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, hari ini rupiah berpeluang menguat terdorong sentimen Indeks data manufaktur China bulan September yang baru saja dirilis menunjukkan hasil yang lebih baik dari ekspektasi.

Baca juga: Investasi ORI018, Ini 10 Keuntungannya

“Indeks Manufaktur China yang lebih bagus dari proyeksi bisa memberi sentimen positif ke aset berisiko pagi ini termasuk rupiah,” kata Ariston kepada Kompas.com, Rabu (30/9/2020).

Selain itu, pelemahan dollar AS terhadap mata uang regional, juga mendorong penguatan mata uang rupiah hari ini. Pelemahan dollar AS ini dipicu oleh rencana debat capres AS masih berlangsung saat ini.

“Pasar juga menantikan debat ini. Bila terlihat ada potensi pergantian kepemimpinan di AS, pasar akan merespon positif dan aset berisiko termasuk rupiah bisa menguat,” jelas dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.750 per dollar AS sampai dengan Rp 14.950 per dollar AS.

Baca juga: IHSG Melemah Pagi Ini ke Level 4.871



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X