Mulai Beroperasi, Tol Manado-Bitung Masih Gratis

Kompas.com - 30/09/2020, 14:17 WIB
Tol Manado-Bitung Jasa MargaTol Manado-Bitung

MANADO, KOMPAS.com - Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado Dawudu , Sulawesi Utara, resmi beroperasi dan dapat dilalui masyarakat umum setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (29/9/2020).

Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni mengatakan, selama dua minggu ke depan, ruas jalan tol sepanjang 26 km tersebut akan beroperasi secara gratis.

Jalan tol ini selama dua minggu pertama masih digratiskan. Masyarakat bisa menggunakan jalan tol ini tanpa membayar. Tapi, tetap menggunakan kartu elektronik. Jadi, masyarakat silakan menikmati jalan tol ini,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (30/9/2020).

Baca juga: Tarif Tol Manado-Bitung Rp 1.100 Per Km, Menteri PUPR: Cukup Murah!

Dengan beroperasi ruas tol tersebut, Agus berharap, roda perekonomian daerah dapat bergerak lebih cepat.

“Jarak tempuh dari Manado ke Bitung yang biasanya memerlukan waktu perjalanan 1,5 hingga 2 jam, kini dapat ditempuh sekitar 30 menit. Ini akan mempercepat waktu. Kemudian, akan meningkatkan perekonomian,” tuturnya.

Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) George I.M.P Manurung mengingatkan, walaupun tanpa tarif, pengguna jalan tetap harus melakukan tap uang elektronik di gerbang tol.

Selain itu, karena Jalan Tol Manado-Bitung beroperasi dengan sistem transaksi tertutup, yaitu tarif tol dikenakan proporsional (sesuai jarak), pengguna jalan wajib menggunakan satu uang elektronik yang sama dalam satu transaksi.

“Uang elektronik yang digunakan pengguna jalan saat melakukan tap in di GT masuk (entrance) harus sama dengan yang digunakan saat tap out di GT keluar (exit),” katanya.

Lebih lanjut George mengatakan, untuk pengoperasian tahap pertama, PT JMB akan mengoperasikan dari Manado hingga Kauditan sepanjang 20 Km.

“Untuk Manado hingga Danowudu, kami akan mengoperasikan pada hari Sabtu ini, pukul 9 pagi,” ucapnya.

Baca juga: PT PP Rampungkan Pembangunan Jalan Tol Pertama di Sulut



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X