Penjualannya Diproyeksi Menurun, Pertamina Pangkas Penjualan Premium?

Kompas.com - 05/10/2020, 20:40 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina. (DOK. Pertamina) Ilustrasi SPBU Pertamina.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melaporkan, kuota penjualan BBM jenis Premium terus mengalami penurunan setiap tahunnya. Penurunan ini diproyeksi akan terus berlanjut ke depannya.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Mas'ud Khamid mengatakan, pada Januari 2019, rata-rata penjualan BBM per harinya mencapai 90.000 kilo liter (KL), dimana 30.000 KL diantaranya merupakan Premium, sementara BBM jenis Pertamax hanya mencapai 10.300 KL.

Namun, seiring dengan waktu terjadi peralihan pola konsumsi BBM, menuju jenis yang lebih ramah lingkungan. Ini terefleksikan dengan berkurangnya penjualan harian Premium, dan meningkatnya peminat Pertamax.

Baca juga: Mulan Jameela Usul Harga Pertamax Setara Premium, Setuju?

"September 2020, Premium tinggal 23.000 KL, sementara Pertamaac di 10.600-10.700 KL per hari," ujar Mas'ud dalam gelaran Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI, Senin (5/10/2020).

Lebih lanjut, Mas'ud menjelaskan, penurunan konsumsi Premium akan terus berlanjut meskipun pemerintah tidak mengeluarkan regulasi baru.

Transisi penggunaan Premium ke BBM yang lebih ramah lingkungan akan didorong oleh berbagai program perseroan yang sejalan dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) Nomor 20 Tahun 2017 tentang Penerapan Bahan Bakar Standar Euro 4.

Dengan upaya tersebu, Mas'ud memproyeksikan pada 2024 penjualan BBM per harinya akan mencapai 106.000 KL, dimana porsi Premium hanya akan mencapai 13.800 KL, lebih rendah dibanding Pertamax.

"Jadi Pertamax yang asalnya 10.000 KL per hari, menjadi 20.000-30.000 KL per hari," katanya.

Oleh karenanya, tanpa perlu ada aturan baru dari pemerintah, penjualan Premium diyakini akan terus menurun ke depannya.

"Jadi nantinya di 2024 kalau regulasi tidak berubah, hanya mengandalkan pola marketing maka sales Premium akan menjadi sales 1/3-nya sales Pertamx," ucapanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X